Ganti Untung Lahan Tol Indraprabu, BPN OI Minta Warga Jangan Beli Mobil Dulu | Detik Sumsel
Pemprov
Menyerahkan uang ganti untung kepada warga untuk lahan bebas proyek jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih (Indraprabu).

Ganti Untung Lahan Tol Indraprabu, BPN OI Minta Warga Jangan Beli Mobil Dulu

Indralaya, Detik Sumsel- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ogan Ilir kembali menyerahkan uang ganti untung kepada warga untuk lahan bebas proyek jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih (Indraprabu).

Kepala Kantor Wilayah BPN Ogan Ilir, Manatar Pasaribu menjelaskan, pihaknya bersama perwakilan Kementerian PUPR menyerahkan ganti untung 28 bidang tanah.

“Hari ini penyerahan, pembayaran uang ganti untung 28 bidang tanah kepada warga yang lahannya terkena proyek jalan tol,” kata Manatar saat ditemui usai penyerahan ganti untung lahan tol di Tanjung Senai, Indralaya, Kamis (19/8).

Ia juga mengungkapkan, dari 28 bidang tanah yang diberikan ganti untung, 27 bidang berada di Desa Tebedak 1, Kecamatan Payaraman. Sementara satu bidang tanah berada di Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara.

“Untuk ganti untung bidang tanah di Tebedak 1, ini merupakan gelombang pertama. Sementara di Palem Raya merupakan gelombang kesekian,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk pembayaran ganti untung selanjutnya, BPN Ogan Ilir akan segera menuntaskan.

“Bagi yang sudah bisa dibayarkan, akan diproses. Namun yang belum bisa dibayar, kami minta melengkapi persyaratan dokumen,” katanya.

Ia menambahkan, untuk dapat mencairkan ganti untung ini, warga yang lahannya terkena proyek tol harus melengkapi persyaratan diantaranya lembar asli surat bukti kepemilikan tanah.
Kemudian persyaratan lainnya harus menunjukkan KTP dan KK asli.

“Tujuannya supaya jangan ada penyalahgunaan administrasi yang terkait dengan kepemilikan tanah tersebut,” jelas Manatar.

“Misalnya ada warga tanahnya warisan dan suratnya belum terima, maka kami minta lengkapi surat tanahnya,” imbuhnya.

Setelah persyaratan valid, BPN akan mengajukan dana pembayaran ganti untung ke pusat.

“Untuk pembayaran tahap selanjutnya, ada sebagian kami tinggal tunggu pencairannya dari pusat,” terangnya.

Kepada warga yang menerima ganti untung, Manatar berpesan agar uang yang didapatkan agar dimanfaatkan sebaik-sebaiknya.

“Silahkan dimanfaatkan sebaik-sebaiknya. Bisa untuk membeli lahan dan hunian baru, biaya sekolah anak. Jangan dipakai dulu untuk beli mobil dan pesta mewah nikahan anak,” ucapnya.

Sementara jumlah uang yang dibayarkan untuk ganti untung kali ini sebesar Rp 7,9 miliar. “Total yang dibayarkan untuk 28 bidang tanah hari ini mencapai Rp 7.989.664.245,” kata PPK Pengadaan Lahan Tol Indraprabu dari Kementerian PUPR RI, pungkasnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ops Patuh Musi 2021, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes 

Baturaja, Detik Sumsel – Selama dua pekan kedepan Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *