Gelar Pelatihan Pembuatan Roti Bakery | Detik Sumsel
Detik
Kadisdik OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd secara simbolis memasangkan Apron kepada peserta tanda dimulainya pelatihan pembuatan roti bakery.

Gelar Pelatihan Pembuatan Roti Bakery

Baturaja, Detik Sumsel – Sebanyak 20 orang peserta mengikuti pelatihan pembuatan roti program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) jenis keterampilan pastry & bakery yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Disdik OKU) melalui Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) bekerjasama dengan Direktorat kursus dan pelatihan Dirjen pendidikan vokasi, Kemendikbud tahun 2021, jum’at (25/6).

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung SKB Baturaja ini dibuka langsung oleh Kadisdik OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, turut hadir dalam kegiatan itu Plt Kepala Dinas Koperasi Pahmi Alian S.Sos, Kepala cabang BRI Baturaja. Kabid Pembinaan Paud dan SPNF Disdik OKU Ahmad Azhar SSTP M, para instruktur dan narasumber serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya kabid Pembinaan Paud dan SPNF Disdik OKU Ahmad Azhar SSTP mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan pola pikir berwirausaha melalui kursus dan pelatihan dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.

“Selain itu mendorong peserta didik dalam merintis berdirinya usaha mandiri yang dibimbing oleh mitra usaha untuk itu, kami SPNF SKB Kab. OKU membuka program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) bagi masyarakat,” kata pria yang akarab disapa Alal ini.

Dikatakan Alal, Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan proses pembelajaran 40 % teori dan 60 % peraktek, dengan kurikulum PKW mencakup pendidikam karakter kewirausahaan, pendidikan bidang keterampilan pastry dan bakery, pemasaran dan akses permodalan serta pengelolaan hasil usaha, dengan intsruktur pengamalan dibidangnya. “Kita juga menghadirkan narasumber seperti dari Dinas Koperasi Kab. OKU, Bank BRI cabang Baturaja, 212 post mart serta platform digital jeme dihi,” sebutnya

Alal berharap kegiatan dapat membuahkan hasil yang maksimal serta bermanfaat bagi peserta.”harapan kita semoga kegiatan ini bisa bermanfaat,” harapnya

Sementara itu Kadisdik OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd sangat menyambut baik kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sangat positif dan sejalan dengan visi kabupaten OKU yaitu terwujudnya kabupaten OKU yang bersih, kreatif, religius, maju dan sejahtera.

“Pembangunan dan kegiatan semacam ini pada hakekatnya untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi, indikator utamanya tolak ukur utamanya adalah kemiskinan dan pengangguran, nah program ini adalah salah satu program yang kita harapkan kedepan ini dapat membantu dalam hal mengentaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja,” kata Teddy.

Progrram kecakapan wirausaha untuk penciptaan pkerjaan wirsausahawan lanjut Teddy dapat dimaknai sebagai upaya dari pemerintah dalam pemberian kemampuan kepada masyarakat yang mebuthkan berbagai keterampilan menjadi bekal bekerja atau berwirausaha. “Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat, silahkan ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, ini geratis selain itu nanti para peserta juga mendapatkan bantuan berupa peralatan masak untuk membuat roti,” ujarnya.

Teddy berharap kegiatan ini dapat dilaksanakn secara berkelanjutan dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi sehingga hal ini dapat membantu masyarakat untuk menambah keterampilan dan menciptakan lapangan pekerjaan. “harapan saya kedepan jumlah peserta akan lebih banyak lagi, untuk saat ini baru 20 orang karena memang di batasi dari pusat, semoga bisa bertambah kedepannya,” harapnya (fei).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampil Perdana di Luar Sumsel, Ovi Mawardi Juara III Kejuaraan Offroad

Indralaya, Detik Sumsel– Tampil perdana di luar Sumatera Selatan, Ahmad Wazir (AW) Noviadi offroader Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *