Gelar Workshop, Fakultas Psikologi UIN RaFa Hadirkan Narasumber Mumpuni | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Kegiatan Workshop Fakultas Psikologi UIN Rafa

Gelar Workshop, Fakultas Psikologi UIN RaFa Hadirkan Narasumber Mumpuni

  1. Palembang, Detik Sumsel – Dalam rangka memberi motivasi bagi para dosen serta mahasiswa di lingkungan Fakultas Psikologi sehingga mampu produktif dalam menulis artikel dan mempublikasikannya ke dalam Jurnal Nasional maupun Internasional yang terakreditasi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RaFa) sengaja menggelar Workshop terkait “Penulisan Jurnal Internasional Terindeks Scopus”.

Diketahui, kegiatan Workshop tersebut juga nampak mengundang narasumber mumpuni, yakni Prof. Dr. Irwan Abdullah. MA serta diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang di lantai IV Ruang Rapat Gedung Rektorat, Sabtu (11/06).

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Dr. Zuhdiyah, M.Ag, yang hadir dalam kegiatan Workshop mengatakan, bahwa Workshop tersebut merupakan bagian penting dari orientasi Fakultas Psikologi kedepan, baik untuk Fakultas maupun Universitas secara umum.

“Jurnal juga merupakan salah satu hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh setiap dosen ataupun peneliti sesuai bidang ilmu yang ditekuninya dan diterbitkan oleh suatu instansi,” kata Zuhdiyah.

Baca Juga :   Ajak Komunitas Sukseskan TMMD

“Semoga pelatihan yang telah dilakukan nantinya dapat menjadi Culture baik bagi para dosen ataupun mahasiswa untuk melahirkan penelitian sehingga bisa dipublikasikan disebuah jurnal,” harap Dekan Psikologi tersebut.

Acara penutupan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Dr. Muhammad Adil. MA yang juga mengapresiasi atas kegiatan workshop penulisan artikel tersebut.

“Saya mewakili pimpinan Universitas mengucapkan syukur atas terlaksananya workshop penulisan ini, karna ini sebagai benih dari culture akademik yang menjadi bagian dari tujuan besar UIN Raden Fatah ke depan sebagai salah satu Universitas Islam yang mendunia” ungkapnya.

Dr. Muhammad Adil. MA juga mengatakan, bahwa saat ini UIN Raden Fatah juga telah memiliki rumah jurnal sebagai pusat publikasi jurnal UIN Raden Fatah Palembang

Baca Juga :   ORIENTASI PEMBELAJARAN MAHASISWA S2 IQT FUSHPI UIN RADEN FATAH 2021

Sementara selaku pemateri, Prof. Irwan Abdullah dalam materinya menjelaskan manfaat menulis jurnal bagi dosen, panduan umum penulisan jurnal, serta agaimana tradisi ini menjadi benih yang harus disemai dan rawat secara bersama.

“Nantinya pohon besar ini dapat dipanen secara bersama. Sehingga lokalitas yang ada di Palembang nantinya bisa mendunia. Akar geneologi akademik sebenarnya telah ada di Palembang,” ungkap guru besar Antropologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta tersebut.

Secara runtut selama dua hari workshop penulisan artikel jurnal terindeks Scopus, dan peserta diberikan seluruh hal penting terkait penulisan dan publikasi jurnal.

Workshop ini juga membahas mengenai proses mencari sumber referensi penulisan jurnal hingga memilih penyelenggara jurnal yang tepat untuk mempublikasikan naskah jurnal yang telah ditulis.

Dengan begitu para dosen dapat mempublikasikan artikel ilmiah yang telah ditulis dengan tepat pada jurnal yang terakreditasi baik. (Ril)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hebat… Mahasiswa UBD Raih Penghargaan IEOM ROME Award

Palembang, Detik Sumsel — Mahasiswa Universitas Bina Darma kembali mengukir prestasi di ajang internasional. Kali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.