Gencarkan Pembangunan Kampus Hijau Berkelanjutan Ditengah Pandemi | Detik Sumsel
Pemprov
UIN Raden Fatah melakukan kegiatan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan di kampus B Jakabaring. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Kamis (7/4) bertempat di kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang.

Gencarkan Pembangunan Kampus Hijau Berkelanjutan Ditengah Pandemi

Palembang, Detik Sumsel- Pimpinan UIN Raden Fatah memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan pembenahan dan mewujudkan pembangunan kampus hijau (green campus) yang berkelanjutan. Pada tahun 2020 yang lalu UIN Raden Fatah Palembang berada pada peringkat 45 Nasional UI Green Metric, dan peringkat 4 di PTKI. Oleh karena itu, pada tahun ini ada target untuk memberikan hasil yang terbaik pada tahun 2021. Untuk mewujudkan hal itu, dilakukan berbagai upaya dan aktivitas kegiatan yang menunjang kearah green campus.

Salah satunya adalah kegiatan penghijaun kampus dan pengelolaan air di kampus. Bertepatan dengan peresmian pemakaian gedung baru di kampus Jakabaring, UIN Raden Fatah melakukan kegiatan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan di kampus B Jakabaring. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Kamis (7/4) bertempat di kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang.

Kegiatan ini dimulai dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh mahasiswa (UKM Hockey) kepada Wakil Rektor 1 (Dr. Muhammad Adil, MA) di dampingi oleh Dr. Abdul Hadi, M.Ag. (Warek II), Dr. Hamidah, M.Ag (Warek III), Mirwan Fasta, M.Si (Biro AAKK) dan Muslih Darosan, S.Ag. MM (Plt. Biro AUPK). Jumlah bantuan yang diserahkan oleh mahasiswa sebanyak 500 bibit tanaman dan Dinas BKSDAHL memberikan bibit sebanyak 500 batang pohon, total ada 1000 bibit tanaman.

Selanjutnya untuk penebaran bibit benih ikan, merupakan partisipasi dari fakultas, lembaga unit dan mitra di UIN Raden Fatah Palembang, dengan total bibit ikan berbagai jenis sebanyak 8.000 ekor. Penyerahan benih ikan secara simbolis oleh Dekan Psikologi (Dr. Zuhdiyah, M.Ag.) kepada Wakil Rektor 1 (Dr. Muhammad Adil, MA) mewakili rektor UIN Raden Fatah Palembang.

Pada masa new normal ini, UIN Raden Fatah tetap melakukan kegiatan green campus dalam rangka syukuran penempatan gedung baru serta ikut berpartisipasi dalam menyambut “Hari Bumi Tahun 2021”.

Banyak stake holder terlibat dalam kegiatan ini, kegiatan di lapangan diikuti oleh semua wakil rektor UIN raden Fatah, Biro AUPK dan AAKK, Senat UIN Raden Fatah Palembang, Dekan dan Direktur di lingkungan UIN Raden Fatah, Gubernur Sumatera Selatan di wakili oleh staf ahli, Perwakilan Pangdam II Sriwijaya, Perwakilan Polda Sumsel, Walikota diwakili oleh staf ahli, Kepala BKSDAHL, perwakilan Kantor Imigrasi, Camat Jakabaring, Danramil Jakabaring, Kepala Cabang BSB UIN Raden Fatah Palembang, serta Mahasiswa Duta Green Campus UIN Raden Fatah Palembang.

Koordinator Pelaksana acara penanaman dan penebaran benih ikan di lapangan oleh Ketua Green Campus UIN Raden Fatah Palembang (Dr. Irham Falahudin, M.Si) dibantu oleh mahasiswa Duta Green Campus serta tim Green Campus UIN Raden Fatah Palembang.

Kegiatan ini bentuk komitmen Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof. Dr. Nyayu Khadijah, S.Ag. M.Si) dalam membangun kampus hijau berkelanjutan untuk menjadikan UIN Raden Fatah Palembang kampus InSani (Indah, Serasi, Aman, Nyaman dan Islami). (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Sinergi Program Penelitian dan Pendidikan, UIN RaFa Gelar MoU dengan Pertamina

Palembang, Detik Sumsel- PT Pertamina persero mengadakan penandatanganan MoU dengan UIN Raden Fatah Palembang bertempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *