Gerakan 5 Ribu Pohon Hijaukan Kampus UIN RaFa Palembang | Detik Sumsel
Pemprov
Kegiatan penanaman ini salah satu bentuk implementasi untuk menjaga paru-paru dunia melalui penanaman pohon untuk menjaga lingkungan kampus hijau dan sekitarnya agar menjadi kondusif dan nyaman.

Gerakan 5 Ribu Pohon Hijaukan Kampus UIN RaFa Palembang

Palembang, Detik Sumsel- Semangat kebersamaan dan pentingnya kampus hijau yang berkelanjutan terus dilakukan oleh segenap sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang. Gerakan 5000 pohon penanaman pohon dimulai dengan Gerakan Bersama pada setiap sabtu pagi di kampus B UIN Jakabaring.

Kegiatan penanaman ini salah satu bentuk implementasi untuk menjaga paru-paru dunia melalui penanaman pohon untuk menjaga lingkungan kampus hijau dan sekitarnya agar menjadi kondusif dan nyaman.

Gerakan menanam pohon 5000 pohon ini telah dilaksanakan oleh Tim Green Campus UIN Raden Fatah Palembang dengan menggandeng Kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) propinsi Sumatera Selatan. BPDASHL memberikan bantuan bibit pohon dan composting kepada UIN Raden Fatah Palembang.

Gerakan moral penanaman 5000 pohon ini telah dimulai Sabtu (12/02/2022) di kampus UIN Raden Fatah Palembang yang dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, S.Ag. M.Si) di damping oleh Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Biro AUPK. Hadir juga beberapa dekan antara lain Dekan FITK, Dekan Psikologi, Dekan Febi dan Dekan FST serta perwakilan BPDASHL ibu Laila Fahriati, S.Hut. Kegiatan ini melibatkan tim Green Metric UIN Raden Fatah Palembang, UKMK Mapala, UKMK Kopma, Duta Green Campus UIN Raden Fatah.

Dalam sambutan dan arahannya Rektor mengajak kepada semua sivitas akademika UIN raden Fatah untuk memulai menghijaukan kampus jakabaring agar terlihat lebih asri dan menjadi kampus hijau berkelanjutan yang dapat menopang aktifitas kegiatan di kampus. Selain itu, WR 1 (Dr. Muhammad Adil, M.A) menyampaikan bahwa pohon yang ditanam merupakan pohon-pohon Sumatera yang mulai langka dan perlu dilestarikan.

Hal senada juga disampaikan pimpinan lainnya bahwa kita perlu memetakan pohon-pohon yang ada dikampus agar bisa ditata menjadi lebih baik.  Ada kewajiban setiap individunya yaitu diharapkan orang menanam sebanyak 25 pohon seumur hidupnya. Penanaman ini bisa dimulai dari masa pendidikan SD 5 pohon, SMP 5 pohon, SMA 5 pohon, Perguruan Tinggi 5 pohan dan pada waktu mau nikah 5 pohon (Laila Fahriati, S.Hut).

Gerakan ini merupakan salah satu data dukung untuk bidang setting dan infra struktur pada penilaian ranking kampus hijau oleh UI Green Metric. Pelibatan semua elemen sivitas akademika UIN raden Fatah mulai dari cleaning service sampai dengan pimpinan adalah bentuk komitmen UIN Raden Fatah untuk dapat meraih hasil yang optimal pada raking UI Green Metric mendatang.

Gerakan ini juga menjadi bentuk family gathering sivitas akademika UIN Raden Fatah di kampus B Jakabaring, berolahraga sambil menanam pohon. Aktifitas ini menjadi kegiatan yang sehat jasmani dan rohani.

Semoga kegiatan ini akan dapat mencapai IKU rektor dalam renstra untuk mencapai unggul dan internasionalisasi pada tahun 2024 terutama untuk membuat iklim kampus hijau di dunia. Kegiatan ini di koordinir oleh ketua Tim Green Campus yang baru Dr. Ir.Ledis Heru S.P. M.Si menggantikan Dr. Irham Falahudin, M.Si, dengan harapan tetap sinergis dengan program yang telah direncanakan untuk menuju internasionalisasi kampus hijau berkelanjutan.

Pada akhir sesi dilakukan makan Bersama sebagai bentuk silahturahim antara pimpinan dengan warga kampus lainnya. Semoga kegiatan kedepan akan memberikan dampak warna yang lebih hijau dengan pemeliharaan dan penataan taman kampus. Semoga Tahun 2022 UIN Raden Fatah Palembang dapat mencapai hasil yang optimal dan menjadi kampus yang Indah, Serasi, Aman, Nyaman dan Islami (InSani)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bidik Nilai Unggul, Prodi Jurnalistik Submit Borang ke BAN-PT

Palembang, Detik Sumsel- Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakutas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.