Giri Ramanda Bercita-cita Dokter, Jadinya Politikus

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detiksumsel.com— HM Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel periode 2019-2024. Ternyata, dulunya bercita-cita jadi dokter. Tak kesampaian, kini justru jadi politikus.

Diketahui sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel, Giri merupakan Ketua DPRD Sumsel periode 2014-2019.

Giri, panggilan akrabnya, lahir di Jakarta tanggal 1 April 1980, dan bercita-cita menjadi dokter. Dia menempuh pendidikan dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta. Merupakan alumnus Fakultas Ilmu Ekonomi dan Pembangunan dengan konsentrasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Universitas Indonesia (UI). Meraih gelar Magister Manajemen di Universitas Sriwijaya (Unsri).

Meskipun cita-citanya menjadi dokter tidak terealisasi, sebagai politikus dia menjadi dokter perekonomian di Indonesia. “Sama-sama lah, tetap melayani masyarakat juga,” ujarnya berseloroh.

“Selama kuliah, banyak yang mengenal saya sebagai aktivis, tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan sebagainya,” ungkap Giri ketika dibincangi di ruang Tamu VIP Pimpinan DPRD Sumsel, Kamis (29/9/2022).

Ia juga tergabung dalam pers kampus mulai dari sebagai wartawan foto, wartawan tulis, redaktur sampai pemimpin redaksi pers kampus, termasuk pernah tergabung menjadi jurnalis di berbagai media nasional

“Pernah menjadi kontributor berita, belajar menjadi wartawan investigasi, membuntuti orang, mengamati, mencari informasi,” paparnya menceritakan pengalamannya di dunia pers.

Pada tahun 2004 Giri mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sumsel, dimana pada periode pertama 2004-2009 menjadi anggota DPRD Sumsel, 2009-2014 menjadi Ketua komisi, 2014-2018 menjadi Ketua DPRD Sumsel, 2019 hingga saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel.

“2018 mencalon wakil Gubernur berhenti dari DPRD tetapi tidak terpilih dan 2019 sampai sekarang menjadi wakil ketua DPRD Sumsel,” tukas Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Sumsel ini.

Diketahui Giri merupakan suami dari Ayu Nur Suri, anak laki-laki dari (alm) Nazarudin Kiemas, anggota DPR RI yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1. Ayahnya adalah adik dari (alm) Taufiq Kiemas. (laras)

Komentar