Gubernur Akan Perbaiki Jembatan Gantung Desa Lontar | Detik Sumsel
BNI"
Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Forkopimda OKU saat meninjau langsung Kondisi Jembatan gantung Desa Lontar Kecamatan Muarajaya 

Gubernur Akan Perbaiki Jembatan Gantung Desa Lontar

Baturaja, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru berjanji akan segera memperbaiki jembatan gantung Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya. Hal ini disampaikan Gubernur bersama bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi saat meninjau langsung Tiga Desa yang terdampak banjir luapan sungai Ogan pada Minggu malam Di Kecamatan Muara Jaya Kabupaten OKU, Selasa (19/10).

Gubernur melihat kerusakan jembatan gantung yang menjadi salah satu akses masyarakat di dua Desa di Kecamatan Muara Jaya yang menghubungkan dengan Kecamatan Pengandonan yakni Desa Lontar dan Desa Kemala Jaya yang berdampingan dengan lokasi pengerjaan jembatan permanen yang diperkirakan akan selesai pada Desember mendatang.

Usai meninjau Jembatan tersebut, Herman Deru berjanji akan segera memperbaiki jembatan yang rusak tersebut. Dan untuk percepatan perbaikan jembatan dirinya sudah berkoordinasi dengan Pangdam II/ Sriwijaya yang langsung memerintahkan Danyon Zipur Kodam II Sriwijaya untuk menerjunkan personilnya untuk melakukan perbaikan.

“Jadi sudah kita ambil langkah, jembatan yang rusak ini nantinya akan kita perbaiki secepatnya dan saya minta waktu 30 hari untuk memperbaiki ini. Untuk itu kita akan kerahkan 60 orang prajurit TNI dari Zipur untuk memperbaiki jembatan ini,” Ujar Deru usai meninjau Jembatan.

Dikatakan Deru, Jembatan lontar tersebut memang tengah di bangun jembatan permanen namun masih tahap pengerjaan dan diperkirakan akan rampung pada bulan Desember mendatang. Sementara jembatan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat di dua kecamatan di Kabupaten OKU.

“Tidak mungkin kita mengorbankan masyarakat lagi yang harus menempuh jarak yang lebih jauh lagi untuk bisa ke seberang, sementara jembatan permanen belum selesai. Oleh karena itu jembatan gantung ini secepatnya diperbaiki, untuk material dan akomodasi, konsumsi prajurit Zipur yang mengerjakan akan ditanggung pemerintah daerah,” Jelasnya.

Akibat luapan sungai Ogan tersebut sedikitnya ada empat jembatan gantung yang rusak yakni Jembatan Desa Muara Saeh, Jembatan Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya. Kemudian Jembatan Desa Mendingin kecamatan Ulu Ogan dan Jembatan Desa Tubohan Kecamatan Semidang Aji yang merupakan jembatan yang dibangun menggunakan Dana Desa.

Selain itu satu Jembatan permanen yakni Jembatan Kisiran Desa Gunung Meraksa yang menghubungkan Kecamatan Pengandonan dan Ulu Ogan kini terputus akibat hantaman luapan sungai Ogan.

“Untuk jembatan Kisiran karena itu Jembatan permanen akan kita bangun pada tahun depan. Untuk sementara masyarakat yang dari kecamatan ulu Ogan bisa menggunakan jalur alternatif melewati simpang pedataran yang berbatasan dengan kabupaten Muara Enim,” Jelas Gubernur.

Selain berjanji akan segera melakukan perbaikan jembatan, Herman Deru juga membagikan bantuan Selimut dan sembako kepada korban banjir di desa Lontar, Desa Muara Saeh dan Desa Lubuk Tupak Kecamatan Muara Jaya. Karena sebelumnya selain memutuskan jembatan, banjir bandang tersebut juga merendam ratusan rumah warga di Desa Lubuk Tupak dan Desa Muara Saeh. (Fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Ajak Anggota Jurnalis FC Jadi Wira Agent

Lampung, Detik Sumsel– Mandiri Tunas Finance, salah satu anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak dibidang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *