Gubernur Sumsel Apresiasi Kilang Pertamina Unit Plaju Aktif Go Collaboration | Detik Sumsel
BNI"

Gubernur Sumsel Apresiasi Kilang Pertamina Unit Plaju Aktif Go Collaboration

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengapresiasi PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju, karena telah aktif menjadi perusahaan Pendukung Program Kampung Iklim (ProKlim) di Sumsel, khususnya di Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Penghargaan itu diberikan Gubernur kepada General Manager (GM) PT KPI RU III Plaju Edy Januari Utama dalam momen peresmian Gedung UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan (DLHP) Provinsi Sumsel, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2021 sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Penghargaan itu juga merupakan rangkaian dari sederet apresiasi yang diterima PT KPI RU III Plaju sebagai perusahaan pembina ProKlim yang aktif mendukung implementasi di Kecamatan Plaju setelah sebelumnya mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Walikota Palembang sepekan yang lalu.

Gubernur menyampaikan terimakasih kepada para penerima penghargaan ProKlim 2021 serta Kalpataru. Menurutnya, sudah saatnya manusia sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Terimakasih kepada unsur pemerintah daerah se-Provinsi Sumsel maupun perusahaan yang telah turut menjaga lingkungan dengan ProKlim,” ujar Deru, Senin (08/11).

Dikatakannya, saat ini sudah banyak tanda-tanda alam yang muncul yang sepatutnya menjadi perhatian manusia termasuk pemerintah dan dunia usaha yang sering ‘mencuci tangan’ atas dampak lingkungan yang ditimbulkan. Oleh karena itu Gubernur sangat mengapresiasi perusahaan yang memiliki kepedulian dalam melestarikan lingkungan,

Apalagi ProKlim yang meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Keterlibatan PT KPI RU III Plaju dalam mendukung implementasi ProKlim di Kecamatan Plaju yang telah dimulai sejak dua tahun terakhir merupakan bukti kepedulian perusahaan terhadap pelestarian lingkungan. RW 02 Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju, yang menjadi penerima penghargaan trophy ProKlim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama 53 lokasi lainnya dari seluruh Indonesia, merupakan lokasi binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT KPI RU III Plaju. Di sana, PT KPI RU III Plaju berperan dalam pelestarian lingkungan.

Sebagai sentra produksi tempe tertua di Kota Palembang, pengrajin tempe di Kelurahan Plaju Ulu tentu menghasilkan limbah produksi. PT KPI RU III hadir menjawab permasalahan itu dengan menghadirkan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) yang dapat mengurangi bau dan dampak dari limbah yang dihasilkan.

Sejak beberapa waktu terakhir, PT KPI RU III Plaju juga aktif melakukan pendampingan terhadap RW 016 Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju yang dalam ajang penghargaan ini mendapatkan sertifikat ProKlim Utama dari KLHK bersama 197 lokasi ProKlim lainnya dari seluruh Indonesia. PT KPI RU III Plaju berperan dalam replikasi penerapan water barrel irrigation system untuk mendukung urban farming.

Selain itu terdapat kontribusi terhadap pelestarian lingkungan lainnya seperti menggelar pelatihan ecobrick, pelatihan pembuatan pupuk (Patra Composter), mendistribusikan pot kreasi dari limbah kain, serta distribusi tong sampah pilah.

PT KPI RU III Plaju, dalam mendukung implementasi ProKlim di Kecamatan Plaju, juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) kesebelas yakni menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan, lebih spesifik pada target 11.7, yakni menyediakan ruang publik dan ruang terbuka hijau yang aman, inklusif dan mudah dijangkau terutama untuk perempuan dan anak, manula dan penyandang difabilitas.

PT KPI RU III Plaju, dalam mendukung implementasi ProKlim di Kecamatan Plaju, juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) kesebelas yakni menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan, lebih spesifik pada target 11.7, yakni menyediakan ruang publik dan ruang terbuka hijau yang aman, inklusif dan mudah dijangkau terutama untuk perempuan dan anak, manula dan penyandang difabilitas.

PT KPI RU III Plaju melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkomitmen untuk berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) berdasarkan penerapan pada prinsip-prinsip ESG (environmental, social, & governance) (May/REL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Aplikasi Kuncie dan Fita dari Telkomsel Raih Google Play Awards 2021

Palembang, Detik Sumsel – Dua aplikasi besutan Telkomsel, yakni Kuncie dan Fita, berhasil meraih penghargaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *