Gubernur Sumsel Beri Bantuan Oksigen Konsentrator ke 17 Kabupaten dan Kota | Detik Sumsel
Pemprov
Bantuan bagi rumah sakit dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di 17 daerah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan berupa oksigen konsentrator, tabung oksigen, APD, masker bedah, masker N95 dan masker anak.

Gubernur Sumsel Beri Bantuan Oksigen Konsentrator ke 17 Kabupaten dan Kota

Indralaya, Detik Sumsel- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan hari ini menyerahkan bantuan peralatan dan perlengkapan penanganan Covid-19.

Bantuan bagi rumah sakit dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di 17 daerah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan berupa oksigen konsentrator, tabung oksigen, APD, masker bedah, masker N95 dan masker anak.

Kepala Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, dr. Lesty Nuraini menerangkan, ada sebanyak 175 unit oksigen konsentrator yang dibagikan.

“Untuk Ogan Ilir, oksigen konsentrator sebanyak 10 unit,” kata Lesty pada acara penyerahan secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Selatan di Tanjung Senai, Indralaya, Sabtu (28/8).

Dikatakannya, ada 10 buah tabung oksigen, APD 4 ribu pcs, masker N95 sebanyak 3 ribu pcs, masker bedah 4.200 pcs dan masker anak 18.200 pcs untuk Ogan Ilir.

Dalam kesempatan ini, pemberian bantuan secara simbolis untuk empat kabupaten dan kota yakni Ogan Ilir, OKU, PALI dan Prabumulih.

“Bantuan ini merupakan sinergi Kemenkes, Pemprov Sumsel, dengan pihak-pihak donatur seperti Yayasan Buddha Tzu Chi dan SKK Migas,” terang Lesty.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan, bantuan digunakan untuk meningkatkan pelayanan penanggulangan Covid-19. Angka penyebaran virus Corona di Sumsel cenderung menurun, namun masyarakat harus tetap waspada.

“Walaupun saat ini kasus Covid-19 sudah menurun. Namun kita jangan lengah, bantuan ini akan diberikan untuk seluruh kabupaten dan kota yang diberikan kepada rumah sakit agar seluruhnya bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” terangnya.

Ia juga meminta kepada seluruh kepala daerah di Sumsel, agar sosialisasi protokol kesehatan terus digencarkan kepada masyarakat.

“Karena suatu daerah itu bisa rawan atau tidak rawan (penyebaran Covid-19), tergantung kedisplinan masyarakatnya. Selalu saya sampaikan, ini tugas kepala daerah juga,” tegasnya.

Selain itu juga ia mengajak masyarakat untuk memiliki semangat memulihkan ekonomi di tengah upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi jangan berpikir menghentikan aktivitas, namun bersemangat memulihkan ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ini (masker) jangan lupa, jaga jarak, cuci tangan,” jelasnya.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyambut baik adanya pemberian bantuan peralatan dan perlengkapan penanganan Covid-19 ini.

“Ini sangat membantu, apalagi saat ini bed occupancy rate di RSUD Ogan Ilir hanya 20 persen. Total kami ada 25 bed, namun ada 5 bed yang terisi,” terangnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Gerindra OKU Mulai Siapkan Kekuatan untuk Pemilu 2024

Baturaja, Detik Sumsel – Meskipun pertarungan pemilu 2024 masih terbilang cukup lama, namun DPC Partai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *