Gunakan Helikopter Basarnas, Menhub dan Menteri PUPR Tinjau Sarana Mudik Lebaran 2019 | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Rombongan kepala Badan SAR Nasional Marsekal madya TNI Bagus Purhito, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljyono menggunakan helikopter milik Basarnas saat Kunker di Sumsel

Gunakan Helikopter Basarnas, Menhub dan Menteri PUPR Tinjau Sarana Mudik Lebaran 2019

Palembang, Detik Sumsel — Kepala Badan SAR Nasional Marsekal madya TNI Bagus Purhito bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljyono meninjau Tol Pematang Panggang-Kayu Agung (PPKA).

Tinjauan ini untuk memastikan sarana dan prasarana persiapan mudik ini apakah sudah bisa dilalui pemudik lebaran nanti.

Dengan menumpang dua unit helikopter milik Basarnas rombongan tiba di Tol PPKA. Terlihat mendampingi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi serta Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljyono mendengarkan pemaparan kesiapan tol yang memiliki panjang 77 Km. Baik rest area, penerangan, kondisi jalan sampai ke pengamanan.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Terima Menteri PU, karena kerjanya yang luar biasa satu ruas tol lebih dari 300 Km yang selama ini ditempuh lebih 12 jam, nanti saat fungsional bisa ditempuh sekitar 7 jam,” ujar Budi Karya.

Lanjutnya, untuk ruas tol dari Bakauheni-Palembang jika sudah beroperasi nanti akan dapat ditempuh 7 jam. Jadi waktu tempuh yang dipangkas sekitar lima jam.

Sedangkan untuk ruas tol PPKA Menhub menargetkan saat lebaran nanti ruas ruas tol ini hanya bisa dilalui saat siang hari saja. Karena jika malam hari belum ada rambu-rambu dan fasilitasnya belum lengkap.

“Baru bisa beroperasi siang hari saja mulai dari jam enam pagi sampai dengan jam enam sore. Dan tentunya dibawah koordinasi Kakorlantas,” kata Budi Karya.

“Kalau rest area-nya sudah ada, tapi belum lengkap. Nanti akan kita lengkapi lagi,”bebernya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljyono mengatakan ruas Tol Bakauheni-Palembang dapat dilewati 2 arah.

“Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang ada 2 jalur, kalau dari Pematang Panggang ke Kayu Agung hanya 1 jalur, panjang nya hanya 77 Km. Tambah lagi 33 km Kayu Agung- Palembang,” kata Basuki.

“Kalau rambu-rambunya belum terpasang semua, ada yang kurang, lampu juga belum. Untuk kendala nya kami rasa tidak ada, hanya masalah berdebu saja, saya minta jangan banyak debu,”pungkasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

AT Optimis Raih Kemenangan dalam Muscab DPC Peradi Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PERADI kota Palembang yang tinggal menghitung hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *