Gunung Api Dempo Berstatus Waspada, Wako Minta Warga Jangan Panik | Detik Sumsel
Detik
Walikota Pagaralam Saat Meninjau Pos Pemantau GAD

Gunung Api Dempo Berstatus Waspada, Wako Minta Warga Jangan Panik

Pagaralam, Detik Sumsel- Menanggapi isu miring yang berkembang di kalangan masyarakat Kota Pagaralam, tentang status Gunung Api Dempo, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni memantau langsung aktivitas Gunung Api Dempo di Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Kota Pagaralam.

Dalam hasil pemantauan tersebut, dari IV tingkatan level Gunung Api di Indonesia, yaitu Level I (Normal), Level II (Waspada), Level III (Siaga) dan Level IV (Awas). Status Gunung Api Dempo saat ini berada pada level II (Waspada) atau dikategorikan masih ditingkat aman.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengimbau kepada masyarakat Kota Pagaralam untuk tetap tenang dan carilah informasi yang valid dari lembaga atau instansi terkait yang menangani tentang aktivitas Gunung Api Dempo.

“Kami minta masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik,”imbaunya.

Semwntara itu Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Megian Nugraha meminta kepada masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk tidak beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 km dari kawah atau puncak, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara.

“Sedangkan untuk jarak radius dari kawah puncak ke area Kampung IV, Rimau, Kebun Teh dan Pusat Kota Pagaralam yaitu berkisar 4 km sampai 8 km, dan dikategorikan masih sangat aman untuk berkunjung atau berwisata ke Kota Pagaralam.”Jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Dempo dan mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni PVMBG.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampil Perdana di Luar Sumsel, Ovi Mawardi Juara III Kejuaraan Offroad

Indralaya, Detik Sumsel– Tampil perdana di luar Sumatera Selatan, Ahmad Wazir (AW) Noviadi offroader Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *