H – 1 Ramadhan, TPU Bukit Lama Dipadati Peziarah | Detik Sumsel
Pemprov
TPU Bukit Lama masih di padati peziarah H - 1 Ramadhan

H – 1 Ramadhan, TPU Bukit Lama Dipadati Peziarah

Palembang, Detik Sumsel – Tradisi nyekar atau ziarah kubur jelang bulan suci ramadhan selalu dilakukan umat muslim di Indonesia tidak kecuali umat muslim di kota Palembang untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia.

Seperti terlihat Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang H – 1 jelang ramadhan Minggu (11/4/2021) TPU ini terlihat ramai di penuhi peziarah.
Dengan ramai peziarah membawa berkah bagi pedagang kembang, maupun pembersih makam.

Menurut Rusli salah satu pekerja pembersih makam di TPU Bukit Lama peziarah mulai berdatangan setengah bulan yang lalu. Peziarah yang datang selain berdoa juga menaburkan kembang diatas makan dan membersihkan makam dari rumput maupun ilalang.

“Alhamdulillah kami yang bekerja membersihkan makam mendapatkan berkah dari peziarah yang meminta kami bersihkan makam keluarga mereka. Untuk upah kami tidak memasang harga melainkan se ikhlas dikasih kami ambil,”katanya.

Diakui Rusli, ia setiap tahun di bulan sya’ban selalu bekerja sampingan sebagai pembersih makam. Karena rumah nya tidak jauh dari TPU Bukit Lama. “Selain jelang ramadhan, peziarah juga ramai disaat lebaran nanti. Dua momen inilah yang dinantikan penjual kembang dan pembersih makam karena peziarah pasti ramai datang ke kuburan,”tuturnya.

Sementara itu, Marlina (36) salah satu peziarah mengakui ia setiap menjelang bulan ramadhan selalu ziarah di makam almarhum ayahnya. Selain berdoa ia juga menabur kembang dan membersihkan rumput liar yang tumbuh dimakam.

“Selain mengenang almarhum ayah, kita datang kemakam nya juga untuk mendoakan almarhum. Selain jelang ramadhan, saat lebaran kita kesini lagi berziarah. Sudah tradisi kita jelang ramadhan dan lebaran pasti ke makam,”ucapnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Ditangkap, Pelaku Begal Ayah dan Anak di Pagaralam Rupanya Pemuda Belasan Tahun

Pagaralam, Detik Sumsel- Tak butuh waktu lama, Team Sus Polres Pagaralam dibawah pimpinan Kasat Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *