H Toyeb Rakembang: Politik Jalan Ibadah | Detik Sumsel
Pemprov
H Toyeb Rakembang

H Toyeb Rakembang: Politik Jalan Ibadah

Palembang, Detik Sumsel- Politik adalah media untuk ibadah, melalui politik kebijakan bisa dipengaruhi dan diarahkan kejalan yang manfaat dan dapat membela mereka yang tertindas.

Demikian diungkapkan H Toyeb Rakembang, politisi Partai Amanat Nasional yang kini duduk sebabagi anggota DPRD Sumsel. “Saya sudah menemukan jalan ibadah saya ya politik ini,” kata Toyeb saat berbincang di Podcas Woles Detik Sumsel, belum lama ini.

Pria kelahiran 15 Oktober 1975 ini telah mendidikasikan hidupnya untuk mengabdi melalui politik. Tiga periode terpilih sebagai anggota D0RD Kabupaten Musi Rawas (Mura), periode 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019 dan kini menjabat seorang legislator di DPRD Propinsi Sumsel. Ia mewakili daerah pemilihan (Dapil) 8 yang meliputi wilayah Kabupaten Musirawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara.

“Jadi bagi saya salah jika menilai politik itu kotor, hanya sepihak. Justru itulah kenapa orang-orang baik, santri, alumni pesantren harus terjun ke politik agar bisa memberikan manfaat melalui kebijakan,” sambung suami Yulia Marhaena ini.

Masih menurut Toyeb, menjadi politisi tidak boleh menzolimi dan juga jangan dendam. Ketika kompetisi terjadi dan usai maka semua harus dirangkul menjadi bagian yang harus diperjuangkan.

“Rasulullah itu politisi, sukses sebagai pemimpin agama dan negara. Jika kita baca sejarah perjuangannya luar biasa untuk dapat berdakwah dan diterima semuanya. Itulah potretnya,” tuturnya.

Ia menuturkan latar belakang pendidikannya yang merupakan santri dan jebolan IAIN Imam Bonjol telah membentuk karakternya. Bahkan semasa kuliah ia menjadi aktivis HMI sehingga membentuk jiwa leadershipnya dalam bingkai islam dan ke-Indonesiaan.

“Kalau saya komitmen, semua yang kita janjikan kita perjuangkan. Bahkan apa yang kita nilai ada kebaikan, wajib kita perjuangkan. Ketika terpilih semua adalah konstituen,” tuturnya.

Alumni Pesantren Thawalib Padang Panjang ini mengajak untuk generasi millenial agar menguatkan karakter iman dan taqwa. Sehingga memilih profesi apapun nantinya, akan menjadikannya sebagai jalan ibadah. “Saya kedepan mengalir saja, banyak dukungan untuk maju pada Pilkada Lubuk Linggau 2024, tapi saya tegaskan mengalir saja, kerja ikhlas saja dan jika nantinya memang diberi kesempatan maju dan tidak maju, ikhlas saja,” tukasnya. (*)

Inisiasi Kodifikasi Perda

Selaian ditugaskan sebagai anggota komisi V DPRD Sumsel, H Toyeb Rakembang juga diberi amanah sebagai ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sumsel.

Selama jalan tiga tahun kepemimpinannya, parlemen Sumsel menjadi produktif dengan gebrakan Perda-Perda Inisiatif. Diantara yang sudah disahkan Perda Pencegahan Wabah Penyakit Menular (Covid-19) tahun 2020, Perda Pesantren, dan Perda Arsitektur/Bangunan Ciri Khas Sumsel tahun 2021.

Foto bersama

“Kini bersama tim Bapemperda ia menggodok Ranperda Pesirah untuk kembali menonjolkan kearifan lokal dalam tatanan sosial kemasyarakatan,” kata Toyeb.

Alumni HMI Padang dan Lubuk Linggau ini bahkan menginisiasi kodifikasi Perda di DPRD Sumsel. Tujuannya agar Perda yang ada tersusun rapih, tidak tumpang tindih dan dapat dijalankan serta diawasi sesuai dengan peruntukannya.

“Kodifikasi bisa berdasarkan komisi. Bisa juga nantinya setiap kodifikasi per BAB berdasarkan mitra. Yang tujuannya agar mudah dalam pengawasan legislasi. Selain juga kita mendorong digitalisasi Perda melalui rumah perda di DPRD Sumsel,” ungkapnya. (*)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Menuju KNH 2021, Perhumas Usung Semangat Resiliensi dan Optimisme untuk Indonesia

Jakarta, Detik Sumsel- Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) menggelar kick-Off Menuju Konvensi Nasional Humas (KNH) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *