Hafal 30 Juz, Al Qur’an, Pemuda OKI Diganjar Apresiasi | Detik Sumsel
BNI"
Wabup OKI HM Dja'far Shodiq memberikan apresiasi dan beasiswa pendidikan bagi Agus Supriyanto (21), pemuda asli Pedamaran Timur, OKI yang telah berhasil menghapal 30 Juz Al-Qur'an, di Hari Santri, Jum'at (22/10/2021)

Hafal 30 Juz, Al Qur’an, Pemuda OKI Diganjar Apresiasi 

Kayuagung, Detik Sumsel-Bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir OKI HM Dja’far Shodiq memberikan apresiasi dan beasiswa pendidikan bagi Agus Supriyanto (21), pemuda asli Pedamaran Timur, OKI yang telah berhasil menghapal 30 Juz Al-Qur’an.

“Peringatan hari bersejarah ini dapat menjadi pemacu semangat para santri, para ulama, civitas pondok pesantren, maupun umat Islam secara keseluruhan untuk terus bersatu mewujudkan Indonesia damai,” kata Wabup Shodiq yang menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri OKI, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, Jum’at (22/10/2021).

Menurut Shodiq, apresiasi yang diberikan ini diharapkan dapat menjadi pemantik bagi para santri untuk mengambil peran besar sebagai pencinta ilmu yang berakhlakul karimah dan dapat menjadi tokoh besar di masa mendatang.

“Para santri saat ini tidak hanya dikenalkan pada ilmu agama, tetapi juga diasah semangatnya untuk turut serta membangun bangsa serta dapat mengkonversi kecanggihan teknologi menjadi menjadi sebuah inovasi,” tutur Shodiq.

Bahkan di Peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini, Presiden RI Ir H Jokowi Widodo kembali memberikan hadiah istimewa.

“Hari Santri 2021 ini, kalangan pesantren kembali menerima kado dari Presiden Jokowi berupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82/2021 tentang pendanaan penyelenggaran pesantren,” terang Shodiq.

Perpres ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidikan pesantren.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda OKI, Syamsuddin mengatakan santri siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren.

“Artinya, pondok pesantren (ponpes) saat ini tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafa yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui trakat lahir batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” aku Syam.

Kedepannya, para santri di OKI tidak hanya cerdas secara keagamaan, tetapi juga memiliki karakter kuat dan keahlian hebat.

“Santri di OKI harus mampu jadi pelopor kemajuan yang berkarakter dan memiliki skill sesuai minat dan bakatnya untuk turut berkontribusi mensukseskan pembangunan OKI Mandira yang berlandaskan iman dan taqwa,” jelasnya.

Diketahui, Agus Suprianto merupakan pemuda asli Pedamaran Timur OKI, buah hati Watoni dan Sutinah.

Dengan kesederhanaan ia menceritakan niat tulus untuk menjadi penghafal Al Qur’an.

“Menghafal Al Qur’an menjadi ketulusan hati untuk dapat mensyiarkan ayat suci Allah SWT. Siapapun dapat melakukannya asal ada kemauan,” kata Agus.

Dia menceritakan sejak duduk di Madrasah Tsanawiyah (MTS) kelas 1 dirinya mulai membulatkan tekad menjadi penghafal Al- Qur’an.

“Hati akan menjadi lebih indah dan tenang. Karena sahabat terbaik yang saya miliki saat ini adalah Al Qur’an”, kata Agus.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab OKI yang telah memberikan ruang bagi para santri untuk mengembangkan diri lebih baik lagi.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Wabup OKI yang telah memberikan saya kesempatan menjadi imam tetap Masjid At Taubah sekaligus beasiswa pendidikan. Kesempatan ini akan saya pergunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

Setelah ini, Agus akan memperkuat hapalannya dan memperdalam pengetahuan matan ajrumiyyah ilmu nahwu serta keahlian berbahasa arab agar dapat berkontribusi lebih untuk pembangunan SDM di OKI.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Ajak Anggota Jurnalis FC Jadi Wira Agent

Lampung, Detik Sumsel– Mandiri Tunas Finance, salah satu anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak dibidang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *