Harga Cabe Menurun Sumbang Deflasi 0,05 Persen di Sumsel | Detik Sumsel
Pemprov

Harga Cabe Menurun Sumbang Deflasi 0,05 Persen di Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Penurunan harga Cabe merah, cabe rawit, perhiasan emas , beras dan ikan gabus menjadi penyumbang terbesar terjadinya deflasi selama Agustus 2021 di Propinsi Sumatera Selatan.

Deflasi selama Agustus 2021 mencapai 0,05 persen disumsel,sedangkan Palembang mengalani deflasi sebesar 0,04 persen, kondisi ini tidak terlepas dari adanya penurunan harga dibandingkan dengan rata – rata harga bulan Juli 2021.

Kepala Badan Pusat Statistik Propinsi Sumatera Selatan Zulkipli menjelaskan, dari hasil.survai berbagai komoditas secara umum menunjukkab adanya penurunan harga yang menjadi pencetus terjadinya deflasi di Sumsel sebesar 0,05 persen dengan adanya penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) 105,40 pada bulan Agustus 2021 dibandingkan periode sebelumnya bulan Juli 2021, yaitu 105,46.

“Kelompok pengeluaran yang dominan menyumbang andil deflasi secara signifikan pada bulan Agustus 2021, yaitu Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, mengalami deflasi sebesar 0,23 persen,” jelasnya melalui rilis BPS, Rabu (01/09).

Sedangkan Komoditas dominan menyebabkan terjadinya deflasi pada kelompok ini, adalah cabai merah turun harganya rata-rata sebesar 17,53 persen menyumbang andil inflasi sebesar -0,12 persen, cabai rawit turun harganya rata-rata sebesar 22,65 persen menyumbang andil inflasi sebesar -0,02 persen, ikan gabus mengalami penurunan harga rata-rata sebesar 4,92 persen menyumbang andil inflasi sebesar -0,02 persen, dan beras turun harganya rata-rata sebesar 0,41 persen menyumbang andil inflasi sebesar -0,01 persen.

Ditambahkanya, dari 17 kabupaten kota yang ada di Sumsel, secara keseluruhan penyumbang terbesar terjadi di kota Palembang yang menyumbang deflasi 0,04 persen dan kota lubuk linggau. (May/Rel)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hadirkan Rejeki Wow Treasure di Hunt Ketiga, Hadiah Miliar Rupiah

Palembang, Detik Sumsel – Setelah sukses membagikan hadiah sekaligus membuka peluang baru untuk lebih dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *