Hasil Monitoring, Ada Beberapa Kekurangan dari PDAM Tirta Lematang | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Stepanus selaku Ketua Tim Ahli dari PDAM Tirta Musi Palembang, ketika dibincangi terkait hasil monitoring ke PDAM Lahat. Foto Heru/DS

Hasil Monitoring, Ada Beberapa Kekurangan dari PDAM Tirta Lematang

Lahat, Detik Sumsel — Setelah melakukan monitoring selama tiga hari, di PDAM Tirta Lematang Lahat. Stepanus selaku Ketua tim ahli dari PDAM Tirta Musi Palembang, yang diminta Bupati Lahat, Cik Ujang melakukan monitoring menuturkan, sakitnya PDAM Lahat masih bisa diobati.

Stepanus membeberkan, selama tiga hari ini pihaknya fokus dibagian produksi di IPA 4, Kelurahan Gunung Gajah, Kota Lahat. Jika sebelumnya air belum mengalir 24 jam, sekarang sudah. Dengan cara teratur melakukan buka tutup keran saluran air di pipa induk.

“Baru satu tempat yang kita pantau. Alhamdulillah sudah ada perubahan. Pada prinsipnya PDAM Lahat masih bisa diperbaiki dan punya potensi,” ujar Stepanus, usai melaporkan hasil monitoringnya, Sabtu (6/4).

Disinggung soal kualitas air yang keruh, dan adanya pipa tapi belum dialiri air. Stepanus menjelaskan, untuk menjernihkan air butuh proses panjang. Karena persoalan waktu, tenaga pekerja, dan biaya, belum bisa mengecek pipa-pipa yang belum dialiri air.

“Kalau air yang disalurkan keruh, berarti tidak diproses. Inti dari pelayanan ini, air yang disalurkan keluarnya cukup dan berkualitas air minum,” jelasnya.

Disisi lain, Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA mengatakan, monitoring ini intinya untuk melihat apa saja kekurangan PDAM Lahat, yang hingga saat ini belum bisa melayani masyarakat dengan baik.

“Kita suruh cek aliran pipa terakhir, kan ketemu masalahnya. Dana perbaikannya tidak tinggi, tapi memang butuh SDM yang betul memahami,” kata Haryanto, dibincangi Minggu (7/4). (heru). 

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Safari Berburu Bantu Petani Berantas Hama Babi Hutan

Lahat, Detik Sumsel – Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *