Herman Deru Resmi Buka Piala Gubernur Sumsel U-20 di Pagaralam | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
PIALA GUBERNUR : Gubernur Sumsel H Herman Deru dengan didampingi Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, Wakil Walikota Pagaralam M Fadli dan Ketua Pelaksana Hendri Zainudin secara simbolis melakukan Kick Off tanda resmi dibukanya turnamen sepak bola U-20, yang memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2019.(Foto:Rendi/Detik Sumsel)

Herman Deru Resmi Buka Piala Gubernur Sumsel U-20 di Pagaralam

Pagaralam, Detik Sumsel – Piala Gubernur Sumatera Selatan U-20 Tahun 2019 wilayah Kota Pagaralam resmi dibuka. Pembukaan Turnamen Sepak Bola U-20 Tahun 2019 di Pagaralam yang diselenggarakan di di Lapangan Sepak Bola Alun-alun Selatan Pagaralam, ini langsung di buka oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru dengan didampingi Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, Wakil Walikota Pagaralam M Fadli dan Ketua Pelaksana Hendri Zainudin. Selasa (23/4).

Pantauan dilapangan kegiatan tersebut selain dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan Walikota Pagaralam Alpian Maskoni dan Ketua Pelaksana Hendri Zainudin, terut hadir pejabat Porkompimda Pempov Sumsel dan Pemkot Pagaralam, ratusan peserta turnamen, dan ribuan tamu undangan.

Ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola Gubernur Sumsel U-20, Hendri Zainudin, melalui Kepala Dispora Sumsel Yusuf dalam laporanya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaring dan mencetak atlet sepakbola berbakat, hebat dan profesional dari setiap Kabupaten/Kota di daerah Sumsel. Sekaligus melakukan sosialisasi kapada anak usia dini, untuk meningkatkan prestasi sepak bola di tingkat nasional maupun internasional.

“Adapun peserta piala Gubernur Sumsel khususnya di Kota Pagaralam sebanyak 18 tim yang berasal dari 5 Kecamatan se Kota Pagaralam, yang sebelumnya sudah melengkapi persyaratan seperti para pemainnya, adalah U-20 yang usianya paling tua per 1 Nopember 1999, harus putra daerah Pagaralam, dibuktikan dengan KK, raport dan ijazah. Ini tujuannya adalah mencari talenta-talenta yang benar-benar asli putra daerah sebab kedepan Sumsel akan benar-benar memberdayakan pemain asli putra Sumsel,”paparnya.

Dan Peserta Turnamen Sepak Bola U-20 Piala Gubernur Sumatera Selatan ini bagi setiap pemenang berhak mewakili Kabupaten/Kota masing-masing untuk bertanding Puncak Final di Bulan November 2019 di Palembang.

“Untuk para pemenang turnamen di Pagaralam selain mendapatkan trophy bergilir dan tetap, juga akan mendapatkan uang pembinaan, juara I Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 3 juta, juara IV Rp 2 juta. Sedangkan pemain terbaik dan Top Skor masing Rp 500 Ribu.

Walikota Pagaralam Alpian mengatakan permainan sepak bola adalah olahraga yang sangat merakyat sehingga menjadikan tontonan yang menarik dan digemari oleh seluruh lapisan masyarakat kota sampai dengan pelosok daerah. Namun demikian prestasi persepak bolaan Indonesia masih jauh dari harapan. Diharapkan melalui turnamen sepak bola piala Gubernur Sumatera Selatan ini, selain sebagai ajang pencari bibit yang berprestasi khususnya untuk Pagaralam juga berdampak positif untuk pemberdayaan masyarakat.

“Apalagi di kejuaran Poprov lalu pagaralam mendapat juara pertama, dengan adanya kegiatan ini dapat mempertahankan title juara atau minimal juara 2,” terangnya.

Sementara itu Gubenur Sumsel Ir H Herman Deru MM, pihaknya sangat apresiasi sekali atas persiapan dan penyelenggaraan yang telah dilakukan oleh Panitia Pelaksana, Pemkot Pagaralam dan Pemprov Sumsel. Jadi dirinya berpesan untuk para pemain dan wasit untuk benar-benar serius mengikuti turnamen ini, pasalnya kpara pemenang akan mewakili Sumsel pada PON dan Porwil yang akan datang. Karena kedepan, Sumsel bukan saja sukses sebagai penyelenggara, tetapi sukses juga di dalam prestasi.

“Apalagi saat ini kita sedang membenahi SFC klub klub kebanggaan wong Sumsel, dan kedepan bukan saja menjadi kebanggan wong Sumsel, juga menjadi kebanggaan Indonesia. Dan ini harus didukung semua pihak, termasuk stake holder yang beroperasi diwilayah Sumsel.”ujarnya.

Dikatakan Herman Deru, kegiatan ini dasarnya adalah Instruksi Presiden (Inpres) No 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepak bola Nasional dan Internasional, sebagai tindaklanjut implementasinya untuk provinsi Sumatera Selatan adalah melalui kegiatan turnamen sepak bola piala Gubernur Sumatera Selatan tahun 2019. Selain itu, sangat diharapkan dukungannya dari semua pihak kabupaten/kota se-Sumsel untuk melibatkan diri secara langsung dan membina siswa-siswa untuk seluruh olahraga.

“Begitupun untuk perusahaan BUMN/BUMD dan OPD untuk dukungan kongkritnya bagi dunia olahraga terutama sepakbola. Selain itu di kesatuan TNI dan Polri untuk segera membentuk tim sepakbola, sebab kita ingin mencari pemain-pemain yang benar-benar handal dimasa yang akan datang untuk mengangkat Sumsel dan Indonesia pada umumnya.”pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Persepsi Publik Terhadap OTT KPK di Muba

OTT KPK adalah singkatan dari Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sepanjang tahun 2021 setidaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *