Hore! AK-1 atau Kartu Kuning Bisa Cetak Sendiri di Rumah

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel – Upaya dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya bidang pelayanan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Selain menghadirkan Mall Pelayanan Publik, Pemkot Palembang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Palembang juga berupaya dalam mempermudah masyarakat Pencari Kerja (Pencaker) dalam proses pencetakan AK-1 (Kartu Kuning).

Diketahui, AK-1 merupakan salah satu syarat dalam lamaran pekerjaan yang kerap kali dibutuhkan bagi para pencari kerja.

Dalam hal ini, Disnaker kota Palembang berikan kemudahan bagi para Pencaker dalam melakukan pencetakan AK-1 hanya dengan membuka website: https:// Disnaker.palembang.go.id dalam pendaftaran secara online. Tidak hanya itu saja, para Pencaker juga dapat melakukan pencetakan AK-1 setelah melakukan proses pendaftaran.

“Pencaker kini tidak perlu lagi bertatap muka untuk membuat AK-1 (kartu kuning) sebagai syarat untuk mencari kerja. Cukup mengunjungi web Disnaker. palembang.go.id, dan memilih menu dalam tampilan pembuatan kartu kuning atau AK-1,” ungkap Kepala Disnaker Kota Palembang, Yanurpan, Kamis (17/12).

Ia juga menjelaskan, bahwa inovasi yang baru diterapkan sejak minggu ke-3 bulan Desember tahun 2020 ini merupakan bentuk pemanfaatan teknologi serta bertujuan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari kerja (Pencaker).

“Dalam web itu.ada Informasi – informasi dan Layanan Ketenagakerjaan. Terdapat 19 pelayanan yang dimiliki Disnaker Kota Palembang, yang salah satunya pembuatan kartu kuning tersebut,” ujarnyan

“Dalam Info dan layanan online itu lengkap dengan syarat yang dibutuhkan termasuk prosedur yang diharus diikuti, bahkan kalau tidak jelas atau kurang paham, masyarakat bisa live chat secara online dengan operator kita,” tambahnya.

Masih dikatakan, sejak diterapkannya pembuatan AK-1 secara online belum lama ini, pihaknya juga mencatat telah ada sebanyak 50 pencaker yang mengunakan pelayanan secara online itu.

“Disnaker Palembang mencatat ada 10 hingga 30 pencaker yang memanfaatkan pendataran secara online dan bisa mencetak sendiri melalui PDF yang dikirim operator Disnaker untuk mencetak sendiri dirumah dan seterusnya tidak perlu lagi dilegslisir karena tinggal dicetak berapa perlunya oleh Pencaker, karena dilengkapi dengan Tanda Tangan Elektronik yang berkerja sama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara),” jelasnya.

Disamapaikannya, pihaknya juga kedepan akan mengembangkan 19 pelayanan lainnya secara online, l termasuk job fair yang rutin digelar setiap satu tahun sekali nantinya akan dilaksanakan setiap saat secara online yang nanti Disnaker akan menghubungkan ke Pencaker yang terdaftar melalui notifikasi di nomor ponsel pencaker masing masing.

“Untuk layanan Ketenagakerjaan lain yang harus melampirkan berkas yang tidak bisa dikirim secara online karena dalam jumlah yang besar, kita juga sudah melaksanakan kerjasama dengan Gojek dengan mengunakan jasa ojek online. Nanti akan dikirim sesuai alamat,” tungkasnya. (Rill/Bet)

Komentar