Hujan Semalam Suntuk Ribuan Rumah di OKU Terendam Banjir | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Istimewa

Hujan Semalam Suntuk Ribuan Rumah di OKU Terendam Banjir

Baturaja, Detik Sumsel — Ribuan rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terendam banjir. Banjir ini terjadi akibat curah hujan dengan intensitas sangat lebat dan dengan durasi waktu hujan cukup lama yang mengguyur Bumi Sebimbing Sekundang pada Kamis (9/6) malam.

Kepala BPBD OKU Amzar Kristofa melalui Kapusdal OPS BPBD OKU Gunalfi membeberkan berdasarkan data sementara BPBD OKU banjir ini terjadi di  9 Desa/kelurahan di dua kecamatan yakni kecamatan Baturaja Timur Dan Kecamatan Baturaja Barat.

Untuk Kecamatan Baturaja Timur disebutkan Gunalfi ada sekitar 982 rumah dengan 1.995 KK terdampak banjir, jumlah itu dirincikannya, Desa Tanjung Baru 7 rumah, Air Paoh 80 rumah, kelurahan Sukaraya 120 Rumah, Kemalaraja 100 rumah, Sukajadi 165 rumah, Kelurahan Sekarjaya 120 rumah, Baturaja Permai 300 rumah dan Desa Tanjung Kemala 60 rumah.

Baca Juga :   Peringati HUT ke 48 Tahun, Basarnas Palembang Doa Bersama Anak Panti Asuhan

Sedangkan untuk wilayah kecamatan Baturaja Barat dikelurahan Talang Jawa 50 rumah dengan 100 KK. Rata-rata ketinggian air di 9 Desa/kelurahan itu mencapai 1 meter.

“Banjir terparah itu di Kelurahan Sekarjaya dan Baturaja Permai ketinggian air mencapai 3 meter,” kata Gunalfi saat dibincangi detiksumsel.com di sela-sela kesibukannya, Jumat (10/6).

Tak hanya itu, lanjutnya dampak banjir ini juga merendam puluhan kendaraan baik kendaraan roda 4 maupun roda 2. “Kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah, sebab di kelurahan Sekarjaya ada pasar tradisional yang juga terendam banjir,”ujarnya.

Baca Juga :   Musnahkan Ratusan Batang Ganja, Cik Ujang: Polisi Jangan Kendor Berantas Narkoba

Saat ini sebagian wilayah terdampak banjir sudah mulai surut, namun pihaknya tetap bersiaga. “Banjir sudah mulai surut, namun kita tetap siaga sebab debit air sungai ogan mulai meluap,” imbuhnya.

Pihak BPBD OKU lanjutnya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan penanganan dampak banjir, termasuk untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkiat, kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada banjir terutama yang tinggal di dekat sungai ogan,” himbaunya.(Fei)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Sebagian Lahan Rencana IKL Diklaim Warga Bukan Milik PT Arta Prigel

Lahat, Detik Sumsel — Proses pembangunan Ibu Kota Lahat (IKL) baru di Kecamatan Lahat Selatan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.