Ibu Bupati Lahat Berpulang | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH bersama Istri, Lidyawati SHut mendoakan sang ibu, foto istimewa.

Ibu Bupati Lahat Berpulang

Lahat, Detik Sumsel – Keluarga besar Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Istri, Lidyawati SHut, masih diselimuti duka, setelah kepergian Almarhumah Hj Ciknap binti H Abdullah Sari, ibu kandung Cik Ujang.

Almarhumah Hj Ciknap menghembuskan nafas terakhir diusia 101 tahun, di RSUD Lahat Rabu (31/3) sekitar pukul 18.32 WIB lalu, dalam keadaan sakit.

Almarhumah meninggalkan 36 cucu, 48 cicit dan 1 orang anak cicit. Dimakamkan Kamis (1/4), di lahan pribadi Cik Ujang di Desa Lebak Budi, Kecamatan Merapi Barat, persis disebelah makam anak pertamanya dan makam Bapaknya, Almarhum H Munawi.

Dimata Cik Ujang, Almarhumah Hj Ciknap merupakan sosok wanita terhebat, sosok ibu yang pekerja keras berjuang dalam mendidik dan membesarkan kedelapan putranya. Namun meski begitu, Almarhumah merupakan sosok ibu yang penyabar, hingga bisa menghantarkan kesuksesan untuk putra-putranya.

Cik Ujang bercerita, dahulu Almarhumah bersama Bapak, Almarhum H Munawi, hidup dalam kesusahan. Bapak Bupati Lahat ini hanyalah seorang pedagang biasa yang dipercaya manjadi Riye (Kades), sedangkan sang ibu hanya bertani kopi dan padi. Namun Almarhum Bapak memiliki prinsip yang keras agar anak-anaknya menjadi orang yang berhasil.

“Bukan pas-pasan tapi kekurangan. Kakak pertama tamat SMP langsung masuk Polisi, jadi bisa ikut membantu adik-adik untuk sekolah,” ujar Cik Ujang, Jumat (2/4).

Namun kata Cik Ujang, kerja keras Ibunya yang setiap hari berjalan menuju Bukit Serelo area Desa Ulak Pandan, persisnya di wilayah Paduan Batu untuk berkebun Kopi, dan di Ayek Petai untuk bersawah, memuahkan hasil yang diimpikan. Kedelapan putranya sukses dalam mengejar karir.

Anak pertama menjadi seorang Polisi, anak ke dua dan ke tiga bekerja di PJKA, anak ke empat ASN, anak ke lima Polisi, anak ke enam ASN, anak ke tujuh pengusaha, dan terakhir Cik Ujang berhasil menjadi Bupati Lahat.

“Pesan terakhir ibu, untuk anak dan cucu harus terus hidup tentram, kompak. Untuk saya, ibu berpesan teruslah membantu masyarakat, amanah dalam menjalankan tanggung jawab sebagai Bupati Lahat,” ucapnya.

Kepada seluruh pentakziah, Cik Ujang bersama keluarga besar mengucapkan terima kasih telah menyempatkan hadir. Jika selama hidup ada tutur atau tindakan yang salah dari Almarhumah, dirinya mohon untuk dimaafkan.

“Kalau ada khilaf yang disengaja atau tidak, kami mohon dimaafkan. Kami sekeluarga juga meminta doa dari masyarakat Lahat, agar ibu kami diterima disisi yang pencipta,” pinta Cik Ujang. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *