Ikuti Wawasan Kebangsaan, 34 Paskibraka OKU Berangkat ke Yogyakarta

Iklan detik Sumsel

Baturaja, Detiksumsel.com – 34 orang  Paskibraka Ogan Komering Ulu (OKU) yang bertugas pada peringatan HUT RI 2022 lalu,  diberangkatkan untuk mengikuti wawasan kebangsaan ke Pulau Jawa, Senin (21/11/2022).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) OKU Hemni Rusdi melalui Kabid Kepemudaan Yatino SE,menjelaskan, salah satu daerah yang menjadi tujuan yakni Yogjakarta.

Mengapa Jogja menjadi pilihan, karena di sana Paskibraka OKU dapat menggali wawasan lebih luas. Baik dari sisi budaya maupun sejarah.

“Pada wawasan kebangsaan tahun ini ada 34 orang paskibraka OKU yang diberangkatkan mengikuti wawasan kebansaan. Selain itu diikuti 36 orang petugas terdiri dari Panitia, Pelatih dan Tim Medis. Kegiatan ini dilaksanakan 10 hari,” kata Yatino.

Ia menilai wawasan kebangsaan ini sangat penting, karena untuk memotivasi dalam mengejar cita-citanya dan menambah wawasan. Misalnya pada kesempatan kali ini, dijadwalkan juga akan mengunjungi Akademi Angkatan Udara (AAU).

Diharapkan dengan kunjungan ini para anggota Paskibraka yang hadir saat ini dapat menambah wawasan kebangsaan serta rasa nasionalisme mereka.

“Tentunya sangat pas apabila kami memilih Akademi Angkatan Udara sebagai tujuan kami, karena disinilah tempat digodoknya para Taruna untuk menjadi seseorang yang berkarakter yang akan menjadi calon-calon pemimpin di masa depan,” tambahnya.

Yatino berpesan kepada anak-anak Paskibraka yang berkesempatan mengikuti wawasan kebangsaan tahun ini, supaya dapat menyerap makna dan pengetahuan melalui kegiatan ini. Dan terpenting  bisa menerapkan disiplin dengan ilmu yang sudah didapatkan supaya bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.

Menurut dia, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh alumni Paskibara OKU, salah satunya bisa mengasah kemampuan agar mampu mengikuti berbagai seleksi penerimaan TNI AD, Polri dan BUMN.

Mista Huljana seorang Anggota Paskib OKU, mengaku senang dengan adanya kegiatan wawasan kebangsaan ini.

“Alhamdulillah saya senang. Dengan kegiatan ini kami anggota Paskibraka OKU bisa menambah wawasan dan pengetahuan kami. Semoga hasilnya dapat menjadi motivasi kami untuk menggapai cita-cita,” tandasnya (fei)

Komentar