Ingin Bertemu, Perwakilan PT Artaprigel Ditolak Warga | Detik Sumsel
BNI"
Petugas kepolisian saat dihadang warga. Foto Istimewa

Ingin Bertemu, Perwakilan PT Artaprigel Ditolak Warga

Lahat, Detik Sumsel — Upaya persuasif yang dilakukan oleh managemen PT Arta Prigel ke masyarakat Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, berujung mencekam. Kedatangan pihak PT Artaprigel guna menyelesaikan masalah, terkait lahan perkebunan sawit seluas 180,36 Ha yang diklaim warga, mala berujung penolakan. Bahkan puluhan warga sempat melakukan aksi penghadangan, dengan membawa senjata tajam, serta bambu runcing.

Julius selaku Humas PT Arta Prigel menuturkan, kedatangan pihaknya ke Desa Pagar Batu guna menjelaskan titik terang akar permasalahan. Mengingat hal yang dituntut warga, seperti perusahaan tidak memberikan apa-apa kepada warga, ataupun upaya perampasan lahan, dinilai tidak benar. Hal itu dibuktikan dari daftar-daftar CSR yang sudah diberikan, dan bukti dikeluarkannya HGU tahun 2016 berakhir tahun 2041 mendatang.

“Kedatangan kita, langsung ditolak warga. Warga sepertinya memang sudah berniat menunggu kedatangan kita. Warga sudah tidak peduli lagi dengan upaya untuk meluruskan masalah ini, tahunya lahan tersebut milik mereka,” terang Julius, Rabu (17/7).

Beruntung aksi penolakan warga itu, tidak meninggalkan korban luka maupun jiwa. Sejumlah petugas kepolisian yang lakukan PAM penjagaan, yang saat itu berupaya menemui Kepala Desa dan mantan Kepala Desa, juga ikut ditolak warga. Warga yang diduga sedang ditunggangi oleh oknum berkepentingan ini, dengan lantang mengatakan tidak butuh kepala desa, yang dibutuhkan hanya dikembalikannya lahan tersebut ke warga.

“Warga ini harus tahu dulu, untuk ditahun 1993 sampai 2006 itu izinnya seperti apa, jika itu pinjaman, siapa orang yang meminjamkan lahan tersebut. Untuk itulah kita berupaya menggali informasi ke mantan Kades setempat.

“Tapi kita akan terus melakukan upaya persuasif, sehingga gesekan antara perusahan dengan masyarakat ini tidak makin membesar,” ujar Bripka Erson, porsenil Satbinmas Polres Lahat yang kebetulan sedang PAM penjagaan. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Unsri Minta Perkara Yudisium tak Dikaitkan dengan Dugaan Pelecehan Seksual

Indralaya, Detik Sumsel- Pihak rektorat Universitas Sriwijaya (Unsri) akhirnya buka suara terkait salah seorang mahasiswi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *