Ini Daftar Sayuran yang Bisa “Bikin” Subur

Iklan detik Sumsel

Detiksumsel.com — Bagi pasangan yang baru menikah, mendapatkan momongan merupakan salah satu tujuan menikah. Tentu, fisik diantara ke duanya perlu diperhatikan.

Salah satu faktor penentu ialah pola makan yang baik. Dikutip dari publikasi terbitan Reproductive Health, di Indonesia, 10-15% pasangan pada usia subur mengalami masalah infertilitas.

Untuk itu detiksumsel.com merangkum daftar sayuran yang baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan:

1. Brokoli

Tanaman yang mempunyai nama latin Brassica oleracea L ini terbukti kaya akan vitamin C. Diketahui vitamin C meningkatkan kesuburan dengan cara membantu proses ovulasi dan pematangan sel telur.

Selain itu, sayuran untuk menyuburkan kandungan agar cepat hamil ini juga mengandung diindolylmethane.

Kandungan diindolylmethane rupanya juga mampu menyeimbangkan kadar estrogen pada laki-laki.

Diketahui, estrogen yang terlalu tinggi pada pria mampu meningkatkan risiko infertilitas. Meski demikian, hal ini baru diuji pada hewan.

2. Tauge

Riset dari International Journal of Preventive and Public Health Sciences menemukan bahwa sayuran untuk program hamil ini mampu mengurangi kerusakan sperma akibat radikal bebas, terutama akibat paparan asupan MSG yang berlebihan.

Studi ini menjelaskan bahwa sayuran yang bagus untuk promil ini mengandung vitamin C, vitamin E, dan zinc yang mampu menangkal radikal bebas.

Efeknya, bentuk dan kemampuan gerak sperma pun bisa meningkat. Namun, riset ini masih diujicobakan pada hewan.

Terlebih, pada dasarnya, vitamin C dan vitamin E pun secara umum memang mampu meningkatkan jumlah sperma serta memperbaiki gerakan dan bentuk sperma.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan Majalah Obstetri & Ginekologi juga menemukan bahwa mampu meningkatkan kadar hormon estrogen dan follicle-stimulating hormones (FSH) pada wanita.

Serupa dengan efek pada pria, vitamin C dan vitamin E mampu menangkal radikal bebas dari asupan MSG berlebihan sehingga menurunkan kedua hormon ini. Akan tetapi, riset ini juga masih diujicobakan pada hewan.

3. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sayuran penyubur kandungan karena terbukti kaya beta-karoten.

Beta-karoten nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Rupanya, vitamin A berguna untuk menyuburkan kandungan.

Riset dari Journal of Women’s Health Care menemukan bahwa mencukupi asupan vitamin A mampu mengurangi risiko infertilitas sekunder atau kesulitan memiliki anak kedua.

4. Tomat

Warna merah pada tomat mengandung lycopene yang baik untuk kesuburan. Terbukti, riset dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa lycopene di dalam sayuran untuk program hamil ini baik untuk kualitas sperma.

Lycopene membantu meningkatkan kemampuan gerak sperma agar bisa mencapai sel telur dengan sempurna.

Selain itu, lycopene juga membantu menjaga bentuk sperma agar tetap normal sehingga terhindar dari kelainan. Kelainan bentuk sperma pun juga terbukti erat kaitannya dengan infertilitas.

5. Kubis

Kubis rupanya juga merupakan sayuran penyubur kandungan.

Sebab, sayuran untuk program hamil ini membantu mengurangi risiko endometriosis pada wanita. Kandungan diindolylmethane di dalam sayuran penyubur kandungan ini berguna untuk mengurangi pendarahan hebat pada penderita endometriosis.

Endometriosis adalah jaringan yang mirip dengan lapisan rahim justru tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan tuba fallopi.

Inilah beberapa daftar sayuran yang bisa membuat kesuburan meningkat dengan berbagai kandungan bermanfaat dan vitamin. (delta)

Komentar