Ini Penyebab Objek Wisata Tebat Gheban Belum Tersentuh Bantuan dari Pemkot | Detik Sumsel
Pemprov
Objek wisata Tebat Gheban

Ini Penyebab Objek Wisata Tebat Gheban Belum Tersentuh Bantuan dari Pemkot

Pagaralam, Detik Sumsel- Selain Gunung Dempo, Kota Pagaralam banyak menyimpan potensi wisata lain yang tak kalah terkenalnya di daerah Sumatera Selatan maupun luar daerah.

Salah satu yang juga banyak dikenal banyak wisatawan yaitu wisata Tebat Gheban yang terletak di Dusun Alun Dua Kelurahan Alun Dua Kota Pagaralam. Namun salah satu objek wisata yang sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat karena memiliki banyak potensi mulai dari pemandangan yang indah karena langsung menghadap Gunung Dempo dan potensi wisata permainan air ini sayangya belum mendapat perhatian dari Pemkot Pagaralam.

Akibatnya warga melalui Karang Taruna mengolah sendiri objek wisata tersebut dengan fasilitas seadanya dan sangat sederhana.

Tokoh masyarakat Tado Basri mengatakan, bahwa wahana yang ada saat ini merupakan hasil buatan karang taruna Desa Alun Dua. Belum ada bantuan dari Pemerintah.

“Kami sangat mengharapkan bantuan pemerintah untuk memajukan wisata di Tebat Gheban ini. Namun belum ada bantuan dari pemerintah yang masuk kesini,”katanya, Rabu (22/9)

Padahal saat ini dengan wahana yang seadanya wisatawan yang datang setiap hari sangat banyak. Hal ini menunjukan wisata Tebat Gheban cukup diminati wisatawan.

Menanggapi hal ini Walikota Pagaralam Alpian Maskoni didampingi Kabid Destinasi Wisata Anjas mengatakan, pihak Pemkot Pagaralam bukan tidak memberikan bantuan untuk objek wisata Tebat Gheban namun masih terkendala adminitrasi.

“Untuk bisa memberikan bantuan dengan dana pemerintah harus ada adminitrasi yang sesuai dengan aturan. Misalnya harus ada pembentukan kelompok sadar wisata yang mengajukan bantuan,”jelasnya.

Selain itu, bantuan akan bisa dikeluarkan jika kawasan Objek wisata tebat Gheban dimasukan dan dibuatkan SK Walikota sebagai Desa Wisata.

“Saat ini pemkot sedang membuat adminitasi tersebut. Jadi jika semuanya sudag selesai dibuat maka bantuan akan kita berikan. Namun semua adminitrasi harus dilengkapi dahulu,”terangnya.

Bahkan jika kelompok sadar wisata atau sudah ada SK Desa Wisata, nantinya bukan saja dana bantuan dari Pemkot Pagaralam yang bisa disalurkan. Namun dana kementrian juga bisa diajukan asalkan adminitrasi sudah lengkap.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Dituding Mangkir Panggilan DPRD, Ini Kata Kepala DPMD OKI

Kayuagung, Detik Sumsel- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Hj …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *