Ini Upaya Pemkab OKI Wujudkan Smart Government

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Kayuagung, Detik Sumsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melaunching aplikasi e-office untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam percepatan layanan administrasi pemerintahan serta mewujudkan pemerintahan cerdas (Smart Government).

Layanan digital e-office ini memiliki beberapa fitur seperti tata naskah dinas elekronik (TNDE) berupa format surat masuk, disposisi keluar; disposisi surat masuk, pengajuan konsep dan pengecekan konsep tata naskah dinas.

“Aplikasi e-office ini sangat bermanfaat untuk kemudahan dalam pengelolaan dan penggunaan dokumen naskah dinas serta mengakselerasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang mendukung terciptanya smart government,” ujar Asisten bidang Administrasi Umum Setda OKI Hj Nursula, S.Sos., Selasa (15/3/2022).

Nursula menambahkan aplikasi e-office ini menjadi smart tools untuk mengakselerasi kinerja sekaligus mengatasi human eror yang sering terjadi saat pembuatan naskah dinas.

“Melalui sosialisasi aplikasi TNDE ini, diharapkan setiap admin dari organisasi perangkat daerah dapat memahami dan mengaplikasikan dalam kinerja masing-masing instansi dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Sementara itu, pengembang aplikasi e-office, Darwanto, S.Kom., menambahkan beberapa aplikasi TNDE ini berbasis website dan android mobile.

“Kelebihan aplikasi ini yaitu dapat dioperasikan melalui android mobile bagi pejabat struktural pada setiap instansi minimal jabatan setara Kasi untuk melakukan pemantauan,” imbuhnya.

Beberapa fitur yang ada pada aplikasi e-office antara lain notifikasi bagi admin yang terintegrasi dengan data kepegawaian (single submission).

β€œItu artinya seluruh ASN dapat menggunakan aplikasi dengan menggunakan NIP masing-masing,” jelasnya.

Dengan aplikasi e-office ini diharapkan mqmpu mengakselerasi layanan administrasi pemerintahan di Kabupaten OKI untuk mewujudkan smart government.(Iyan)

Komentar