Internasionalisasi UIN RaFa Melalui Dua Ranking Dunia | Detik Sumsel
Pemprov
Untuk mencapai target IKU Rektor bidang lingkungan dan internasionalisasi program, maka dilaksanakan rapat koordinasi tim Green Campus UIN Raden Fatah dengan pimpinan UIN Raden Fatah Palembang.

Internasionalisasi UIN RaFa Melalui Dua Ranking Dunia

Palembang, Detik Sumsel- Gerak cepat dilakukan oleh Tim Green Campus UIN Raden Fatah Palembang untuk tindak lanjut hasil rapat kerja UIN Raden Fatah Palembang di Bandar Lampung tahun 2022. Untuk mencapai target IKU Rektor bidang lingkungan dan internasionalisasi program, maka dilaksanakan rapat koordinasi tim Green Campus UIN Raden Fatah dengan pimpinan UIN Raden Fatah Palembang.

Rakor ini dilaksanakan pada selasa (8/2/2022) bertempat di Lt 4 KPA UIN Raden Fatah Jakabaring Palembang. Kegiatan rakor ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, S.Ag.M.Si, dalam sambutannya bahwa pembentukan tim ini adalah untuk meraih cita-cita UIN Raden Fatah Palembang Unggul pada Tahun 2024.

Oleh karena salah satu strategi untuk mecapai internasionalisasi tersebut melalui dua kegiatan internasional yaitu ranking UI Green Metric (ranking kampus hijau berkelanjutan tingkat dunia dan Indonesia) dan The Higher Education (THE) bidang edukasi.

Rakor ini dihadiri segenap pimpinan UIN Raden Fatah Palembang antara lain Warek I (Dr. Muhammad Adil, MA) menyampaikan pentingnya budaya membumikan pentingnya paradigma kampus hijau berkelanjutan disemua lini pada setiap masyarakat kampus di lingkungan UIN Raden Fatah. Seperti contoh negara Singapura mampu membuat lingkungannya menjadi baik dengan kebijakan dan penataan yang baik walau sumber daya alamnya terbatas.

Selanjutnya Warek II (DR. Abdul Hadi, M.Ag) menyampaikan bahwa segenap pimpinan sesuai tupoksinya mendukung semua kegiatan yang mendukung IKU Rektor. Oleh karena itu, perlu administrasi yang baik untuk mendukung kegiatan tersebut berupa perencanaan kegiatan dengan membuat TOR kegiatan.

Hal yang senada disampaikan oleh Kepala Biro AUPK, Dr. Abdur Rasyid, M.Ag. bahwa agar segera di buat Sk rektor untuk dapat dieksekusi sesuai dengan anggaran yang tersedia. Hadir juga Kepala Biro AAKK, Drs. Jumari Iswadi, M.M) bahwa tim ini perlu melibatkan mahasiswa dalam kegiatan green campus, oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan reward dan punishment untuk unit/Lembaga/fakultas dalam penataan kampus hijau berkelanjutan di UIN Raden Fatah Palembang.

Pejabat lain yang hadir untuk mendukung kegiatan kampus hijau berkelanjutan antara lain Sekretaris LP2M dan Kapuslit LP2M, Kabag Umum dan Rumah Tangga, Kabag BAAK, KaPusTIPD, Kasub di lingkungan rektorat.

Rakor ini dipandu oleh ketua Tim Green Campus 2021 (Dr. Irham Falahudin, M.Si) sebagai moderator. Dalam sesi ini juga, kepala PusTIPD menawarkan konsep smart campus yang mendukung program kampus hijau berkelanjutan ini. Selain itu, program paperless yang perlu ditingkatkan.

Sebagai moderator, Ketua Green Campus (Dr. Irham Falahudin, M.SI) melaporkan hasil capaian tahun 2021 dan evaluasi yang akan ditingkatkan pada tahun 2022 kepada rector dan kepada tim UI Green Metric UIN Raden Fatah yang baru. Hasil diskusi tim green metric untuk periode 2022 yang akan datang terpilih sebagai nahkodanya adalah Dr. Ir. Ledis Heru S.P. M.Si dengan Sekretaris Andi Putra Sairi, M.Pd.

Selain itu dibentuk pula PIC Green Campus tingkat fakultas sebagai data dukung UI Green Metric UIN Raden Fatah Palembang. Semoga dengan terbentuknya kepengurusan green campus yang baru akan memberikan warna baru bagi kampus hijau berkelanjutan dan mendapatkan hasil peringkat yang optimal menjadi salah satu kampus hijau berkelanjutan, serta menjadi kampus InSani.(ril)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bidik Nilai Unggul, Prodi Jurnalistik Submit Borang ke BAN-PT

Palembang, Detik Sumsel- Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakutas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.