Jadi Owner Arisan Online, Calon Dokter Gigi Ini Tipu Orang Hingga Ratusan Juta | Detik Sumsel
Pemprov
Citra Silvana Ramadhani pelaku penipuan arisan online yang diringkus anggota unit II subdit Jatanras Polda Sumsel

Jadi Owner Arisan Online, Calon Dokter Gigi Ini Tipu Orang Hingga Ratusan Juta

Palembang, Detik Sumsel — Citra Silvana Ramadani (29) warga Medan Sumatera Utara owner arisan online yang menipu membernya hingga ratusan juta ini berhasil diringkus anggota unit II Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel, pimpinan Kanit Kompol Bakhtiar dikediamannya kota Medan.

Calon dokter gigi ini ditangkap setelah korban nya warga Palembang membuat laporan di Polda Sumsel.

Selain warga Palembang yang menjadi korban, arisan online yang dikelola tersangka ini diduga masih ada korban lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk menarik member tersangka menjanjikan keuntungan yang besar sehingga korban nya tertarik untuk mengikuti arisan yang dikelola oleh tersangka. Namun kedok nya terbongkar setelah ada korban yang melapor karena tidak dibayar mendapat giliran untuk menerima uang.

Modus tersangka menawarkan arisan online melalui media sosial dengan iming-iming untung besar. Walaupun para korban tidak pernah bertemu dengan tersangka, korban tak meragukan untuk mengikuti arisan online tersebut.

Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel, Kompol Suryadi mengatakan modus yang dilakukan tersangka ini dengan cara menawarkan kepada member untuk bergabung mengikuti arisan online yang dikelolanya.

“Tersangka sengaja membuat grup whatsapp yang isinya para member arisan online. Setelah arisan berjalan para korban sudah menyetorkan sejumlah uang saat korban mendapatkan giliran tapi tidak dibayar oleh tersangka,”kata Suryadi, Rabu (13/1/2021).

Dikatakan Suryadi tersangka berdalih tak membayarkan hak para korbannya karena tunggakan yang dilakukan oleh member lainnya yang sudah terlebih dahulu mendapatkan uang arisan online tersebut.

“Untuk di Palembang sendiri baru ada dua korban, diyaknii masih banyak korban lainnya yang akan melaporkan terkait arisan online yang dilakukan oleh tersangka ini,” lanjut Suryadi.

Dari total uang korban yang dikumpulkan oleh penyidik Jatanras Polda Sumsel, korban tertipu total sebesar 500 juta rupiah.

Sementara itu, tersangka dengan menggunakan baju tahanan berbaju orange hanya bisa tertunduk sembari menutup wajahnya dengan sebuah map karena malu atas perlakuan yang dibuatnya.

Bahkan tersangka tak satupun mengeluarkan kata ketika ditanya oleh wartawan terkait apa yang telah dilakukan oleh tersangka ini.

Atas kejadian ini, tersangka dikenakan pasal 372 KUHP Jo 378, Jo 379 A KUHP terkait penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman pidana 5 tahun penjara.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Siswa Seberangi Sungai Naik Kotak Styrofoam, H Pelly Yusuf Minta Mendagri Segera Sah Pemekaran Pantai Timur

Palembang, Detik Sumsel — Video viral siswa SD di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI menyeberangi …

2 comments

  1. Yaallah , aku pun ikut arisan sama dia . Hilang uangku 30jt .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *