Jaga Suplay Listrik, PLN Rayon Baturaja Tambah Jaringan SUTM. | Detik Sumsel
Pemprov
Ilustrasi

Jaga Suplay Listrik, PLN Rayon Baturaja Tambah Jaringan SUTM.

Baturaja, Detik Sumsel — Agar suplay listrik pelanggan dapat bekerja maksimal, PLN Rayon Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menambah jaringan Sambungan Udara Tegangan Menengah (SUTM) baru.

“Kami menambah jaringan SUTM baru di kawasan Baturaja-Martapura, Kabupaten OKU Timur agar suplay listrik pelanggan di dua wilayah ini lancar,” kata Manager PT PLN Rayon Baturaja, M Rasyid melalui Supervisor Teknik, M Bahrul Ulum, Senin (22/10)

Dikatakannya, penambahan jaringan sambungan udara tegangan menengah tersebut dilakukan karena selama ini kawasan Baturaja-Martapura hanya didistribusikan lewat satu SUTM.

SUTM baru ini lanjutnya akan menyuplai listrik warga di Kecamatan Lubuk Raja OKU mulai dari unit lima, unit enam dan unit sebelas serta sejumlah pelanggan di Kabupaten OKU Timur. Menurutnya SUTM yang ada saat ini bekerja cukup berat karena harus menyuplai listrik pelanggan di unit satu sampai unit 11 hingga ke Desa Nikan, Kabupaten OKU Timur.

“Sehingga dinilai perlu penambahan satu jaringan SUTM baru agar suplay listrik tidak terganggu,” Tuturnya.

Sebab kata dia, jarak yang cukup jauh membuat beban SUTM berat berdampak pada sering terjadinya pemadaman listrik di wilayah itu. “Jika beban SUTM berat, listrik sering drop sehingga perlu ditambah jaringan sabungan baru agar cara kerjanya menjadi ringan,” jelasnya.

Dia mejelaskan, SUTM baru ini juga dapat mengantisipasi terjadinya over kapasitas beban yang menyebabkan jaringan listrik pelanggan putus. Sebab lanjut dia, SUTM yang lama tersebut hanya mampu menyuplai listrik hingga 250 Ampere.

“Sedangkan untuk saat ini beban yang lewat baru 100 ampere sehingga perlu diantisipasi agar tidak over kapasitas,” tukasnya. (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Gubernur Akan Perbaiki Jembatan Gantung Desa Lontar

Baturaja, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru berjanji akan segera memperbaiki jembatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *