Jajaran UIN Raden Fatah Apel Hari Amal Bakti Kemenag | Detik Sumsel
Detik
Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 76 dengan tema “Jaga Kebersamaan Umat” di Lapangan Rektorat Kampus A UIN Raden Fatah Palembang. Upacara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Senin, (3/1/2021).

Jajaran UIN Raden Fatah Apel Hari Amal Bakti Kemenag

Palembang, Detik Sumsel- Jajaran civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menyelenggarakan upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 76 dengan tema “Jaga Kebersamaan Umat” di Lapangan Rektorat Kampus A UIN Raden Fatah Palembang. Upacara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Senin, (3/1/2021).

Rektor UIN Raden Fatah, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si yang bertindak sebagai inspektur membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menuturkan, Kemenag terus dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua umat.

“Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” ujar Prof, Nyayu Khodijah, dalam teks amanat Mentri Agama RI.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Sejalan dengan tema HAB Kemenag RI tahun 2021 yakni “Jaga Kebersamaan Umat” Menteri Agama, menyebutkan Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Prof. Nyayu Khodijah juga menuturkan, Tagline HAB ke-76 “transformasi layanan umat”, agar dijadikan pemicu meningkatkan etos kerja dalam memberikan pelayanan kepada publik dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila.

Dalam pelaksanaan HAB tersebut, Rektor juga menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya, penganugerahan kepada pensiunan dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.(ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Polda – Polres Disebut Terima Aliran Dana Proyek di Muba, Ini Tanggapan Kapolda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Kesaksian tersangka Herman Mayori, Kadis PUPR Muba dalam sidang yang digelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *