Jalan Desa Totorejo Sudah 26 Tahun Tak Tersentuh Perbaikan | Detik Sumsel
BNI"

Jalan Desa Totorejo Sudah 26 Tahun Tak Tersentuh Perbaikan

Martapura, Detik Sumsel — Warga Desa Totorejo Kecamatan Belitang II menuntut pembangunan akses jalan kabupaten yang layak. Tuntutan kepada pemerintah daerah setempat sangat wajar. Sebab, sudah hampir 26 tahun sejak dibangun, jalan tersebut tidak pernah diperbaiki lagi sampai sekarang.

Jupri SE Kepala Desa Totorejo Kecamatan Belitang II mengatakan, sudah sejak 1992 jalan tersebut dibangun sampai saat ini kondisinya rusak parah belum ada perbaikan dari pemerintah kabupaten. Jalan yang memiliki panjang sekutar 2,5 kilo meter ini langsung berbatasan langsung dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Padahal pemerintah pernah berkata kalau akan melakukan pembangunan dari daerah perbatasan, namun kenyataannya sampai saat ini belum juga ada realisasi,” terangnya.

Menurut Jupri sudah berkali-kali dilakukan pengukuran jalan yang katanya akan segera dilakukan pembangun jalan, namun sampai detik ini tidak ada tanda-tanda perbaikan. Masyrakat sudah sangat mengeluh dengan kondisi ini, mengingat saat musim hujan jalan sulit untuk dilalui.

“Saya selaku kepala desa tentunya tidak bisa berbuat banyak untuk pembangunan jalan kabupaten yang ada di Desa Totorejo ini, hanya bisa menimbun secara swadaya bersama masyarakat. Karena kalau saya membangun dengan mengunakan dana desa, tentu hal tersebut menyalahi aturan, mengingat jalan Kabupaten yang berhak melakukan perbaikan adalah pemerintah Kabupaten OKU Timur,” terangnya.

Kemudian dari anggota dewan kabupaten dan provinsi juga belum ada dana aspirasi yang akan melakukan upaya pembangunan. Ini tentu menjadi pr bagi pemerintah agar segera melakukan perbaikan jalan kabupaten di Desa Totorejo.

“Padahal desa ini sudah ada sejak 1976 dan termasuk desa tua, namun apakah karena terletak di ujung OKU Timur tidak lagi diperhatikan dari segi pembangunannya. Sampai desa ini mekar menjadi dua desa belum juga ada perbaikan,” ucapnya.

Terlebih lanjut Jupri, untuk masuk ke Desa Totorejo masyrakat harus melintasi Kabupaten Ogan Komering Ilir, jadi memang desanya berbatasan langsung dengan desa yang ada di Kabupaten tetangga.

“Saya mewakili masyarakat Desa Totorejo sangat berharap kepada pemerintah daerah OKU Timur agar segera melakukan pembangunan secara permanen, agar masyarakat mudah untuk melintas,” jelasnya.

Sementara Iman salah satu pengendara saat melintas mengaku sedih dengan kondisi jalan Desa Totorejo yang langsung berbatasan dengan kabupaten tetangga, karena kondisi sangat rusak parah.

”Sepatutunya menjadi prioritas melihat kondisi kerusakan jalan yang sudah bertahun-tahun tidak tersentuh. Wajar saja menuai kritik dan kekecewaan warga. Sebab, 26 tahun tak kunjung ada perbaikan,” sebutnya.(rdn)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Harapkan Peserta PEDA KTNA OKU Timur Harumkan Nama Daerah

OKU Timur, Detik Sumsel- Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T melepas peserta Pekan Daerah Kontak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *