Jalan Kampus UIN RaFa Bakal Diaspal Karet | Detik Sumsel
Pemprov
Musi Banyuasin mempunyai unit pengolahan aspal karet yang pertama dididirikan dengan menggunakan bahan baku lateks dari petani.

Jalan Kampus UIN RaFa Bakal Diaspal Karet

Palembang, Detik Sumsel- Belum lama ini Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si. menyambut langsung Tim PU-PR Kabupaten Musi Banyuasin yakni Ahmad Fadli Kabid PU-PR Kabupaten Musi Banyuasin.

Didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Muhammad Adil, M.Ag., Wakil Rektor II Dr. Abdul Hadi, M.Ag, Wakil Rektor III Dr. Hj. Hamidah, M.Ag, serta Humas UIN Raden Fatah Palembang.

Ahmad Fadli mengatakan bahwa Musi Banyuasin mempunyai unit pengolahan aspal karet yang pertama dididirikan dengan menggunakan bahan baku lateks dari petani. Produksi aspal karet perdana ini kemudian digunakan untuk pengaspalan jalan di desa Muara Teladan, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

“Insha Allah, kedepan jalan di kampus UIN Raden Fatah akan diaspal dengan menggunakan bahan baku lateks (aspal karet). Semoga secepatnya terealisasi demi kepentingan dan kemajuan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Sumsel khususnya,” ungkapnya.

Unit Pengolahan aspal karet ini mampu memproduksi 45ton aspal karet per hari sehingga kebutuhan lateks pravulkanisasinya adalah sekitar 3 ton per hari. Volume ini setara dengan pembuatan jalan nasional dengan sepanjang 1 km dengan lebar 7 meter.

“Dengan telah berdirinya unit produksi aspal karet ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam penerapan aspal karet oleh pemerintah baik pusat maupun daerah di Indonesia,” terangnya.

Berdirinya unit pengolahan aspal karet hasil Kerjasama Pemkab Musi Banyuasin dan PT Jaya Trade Indonesia ini tidak lain adalah hasil penelitian Pusat Penelitian Karet Bersama dengan Pusjatan yang didukung oleh kementerian Riset dan teknologi dan Kementerian Perindustrian.

“Ini adalah wujud peran serta anak bangsa pada pengembangan IPTEK sekaligus mendongkrak pemanfaatan karet dalam negeri untuk memberikan nilai tambah bagi petani karet pada khususnya,” ulasnya. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Komisi VIII DPR RI Kunjungi UIN Raden Fatah

Palembang, Detik Sumsel- Sebanyak 12 anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *