Jamur Cordyceps di The Last of Us Ternyata Memang Ada di Dunia Nyata, Apakah Seseram yang Ada di Game dan Film?

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com –Β Berbeda dengan cerita fiksi zombie lainnya yang berpusat pada wabah virus, The Last of Us menjadikan jamur cordyceps sebagai pemicu wabah.

Namun ternyata jamur cordyceps bukan lah sekedar jamur buat-buatan para penulis dari game maupun serial adaptasi yang diangkat HBO, melainkan memang ada di dunia nyata.

Dijelaskan oleh kedua media cerita, cordyceps dapat tumbuh di sebuah organisme dan perlahan mengambil ahli tubuh mereka.

Mengutip dari Vox pada Rabu (25/1/2023), ada banyak jamur cordyceps dan ophiocordyceps di bumi.

Dan sama seperti yang diceritakan oleh game atau juga serial The Last of Us, jamur ini memang dapat mengendalikan organisme dan bertindak sesuai kehendak mereka.

Tetapi jamur itu hanya dapat mengontrol serangga kecil seperti semut, dan tidak pada organisme yang lebih besar.

Yang menjadi pertanyaan ialah apakah ada kemungkinan jamur itu berevolusi hingga menjadi ancaman untuk manusia?

Mengutip dari profesor biologi dari Universitas Uthrecht Charrisa de Bekker yang menelilit jamur jenis ini, menurutnya hal tersebut mustahil.

Hal ini dikarenakan tubuh manusia sangatlah berbeda dengan serangga, mau itu dari segi jaringan saraf dan juga suhu tubuh.

Bahkan jika jamur ini dapat berinfeksi dalam tubuh manusia, mereka tidak dapat mampu mengendalikan saraf karena mereka hanya mengetahui strategi dalam memanipulasi serangga.

“Selama jutaan tahun, jamur ini mengembangkan strategi untuk memanipulasi inang serangga tertentu. Mereka bukan generalis. Setiap spesies hanya tahu cara menangani satu serangga tertentu,” tutur Charissa.

Dia juga menjelaskan bahwa penyebaran jamur tidak cukup hanya lewat gigitan layaknya yang ada di The Last of Us.

Dia menjelaskan bahwa penyebaran dan infeksi jamur hanya dapat terjadi lewat satu inang ke inang lain melalui spora.

The Last of Us pertama kali diperkenalkan sebagai video game untuk Playstation 3 pada tahun 2013. Game itu mendapatkan sekuel untuk PS4 pada tahun 2020.

Serial HBO yang sedang tayang ini akan mencakup semua cerita game pertama dalam satu season.

The Last of Us HBO saat ini memasuki episode 2 di mana terdapat bagian cerita tambahan yang tidak dijelaskan di game yakni wabah jamur berasal dari Jakarta, Indonesia.

Komentar