Jangan Terlambat Atasi DBD | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
dr Yessy Wirani Mars

Jangan Terlambat Atasi DBD

Lipsus, Detik Sumsel- Demam Berdarah Dengue (DBD), penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Jika terlambat diobati, bisa mengakibatkan meninggal dunia akibat virus yang disebarkan oleh nyamuk tersebut.

Meskipun tergolong berbahaya, ada cara efektif agar terhindar dari resiko meninggal dunia karena terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Cara efektifnya mengatasi demam dan segera rehidrasi (mengganti cairan yang keluar) bila sudah ada tanda-tanda akan dehidrasi.

Hal ini disampaikan oleh dr Yessy Wirani Mars, dokter umum di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang (RSPP).

Baca Juga :   Serius Olimpiade 2032, Peluang Palembang Terbuka?

“Jika memang sudah terkena DBD tanda perbaikannya dengan pemeriksaan laboratorium serial Hb, Ht, trombosit setiap 12 jam,” jelasnya.

Ditambahkannya, demam karena virus akan dapat pulih paling lama dua minggu. Untuk dimonitoring berapa banyak kebutuhan cairan atau darah yang hilang, harus segera diganti (resusitasi).

“Namun bila sudah masuk ke fase pendarahan, terjadi kebocoran pembuluh darah dan menimbulkan kondisi syok maka perlu tindakan intensif di rumah sakit,” pungkasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Desak Pemkot Pagaralam Harus Miliki Alat Tes Swab PCR

Pagaralam, Detik Sumsel- Terus bertambahnya kasus terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona (Covid-19) dan kasus yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *