Januari, Dinkes OKU Catat 51 Kasus Hepatitis | Detik Sumsel
Detik
Januari, Dinkes OKU Catat 51 Kasus Hepatitis
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU Andi Prapto

Januari, Dinkes OKU Catat 51 Kasus Hepatitis

Baturaja, Detik Sumsel — Sepanjang bulan Januari 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu mencatat sebanyak 51 orang di OKU menderita virus hepatitis A. Hal ini diungkapkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU Andi Prapto saat dibincangi awak media diruangnya, Selasa (4/2)

“Ada laporan masuk dari rumah sakit (RS) dan puskesmas masalah hepatitis,” kata Andi.

Dari data yang mereka terima sampai saat ini sudah ada sebanyak 51 kasus hepatitis. Kasus hepatitis yang ada jenis hepatitis A namun tidak mengelompok pada satu wilayah. Tapi menyebar pada beberapa wilayah.

Kasus hepatitis ada di Kecamatan Baturaja Timur sebanyak 30 orang, lalu disusul Kecamatan Baturaja Barat sebanyak 5 orang. Lalu ada di Kecamatan Peninjauan ada 3 orang, dan di beberapa daerah lainnya.

Menurut Andi, hepatitis bisa menular melalui perantara makanan atau jajanan yang dibeli. Dampak hepatitis, bisa menyebabkan badan menjadi lelah, bagian mata menjadi menguning. Disebutnya, hepatitis memang ada yang menjangkiti pelajar SMP di Kota Baturaja. “Tapi kemungkinan untuk sekarang kalau sudah sembuh,” ujarnya.

Dinkes OKU, lanjutnya, sudah menyampaikan surat ke sekolah dan dinas pendidikan. “Kita minta siswa yang terkena hepatitis bisa istirahat dulu, yang penting jaga kesehatan badan, dengan pola hidup bersih dan sehat. Karena penyakit ini mempengaruhi daya tahan tubuh,” tukasnya  (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *