Januarsyah Minta Pasar Rakyat Jangan Ditutup | Detik Sumsel
Pemprov
Januarsyah Minta Pasar Rakyat Jangan Ditutup
Januarsyah Minta Pasar Rakyat Jangan Ditutup

Januarsyah Minta Pasar Rakyat Jangan Ditutup

Lahat, Detik Sumsel — Menghindari terjadinya kesulitan pasokan barang, baik bahan pokok, obat-obatan, hingga kebutuhan masyarakat lainnya. Sekda Lahat, H Januarsyah Hambali, meminta Camat se Kabupaten Lahat membuka kembali pasar rakyat (kalangan red) yang sebelumnya sempat ditutup.

Dalam surat edaran yang dikeluarkannya, Januarsyah, hal ini diberlakukan guna menjaga ketersediaan dan kelancaran pasokan barang bagi masyarakat. Sehingga dapat sedikit mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Virus Corona.

“Kalau sampai terjadi kelangkahan sembako, bisa berpotensi pada penjarahan. Jangan sampai nanti mala ada yang “busung belubang” (kena tujah red), akibat pasokan barang jadi sulit,” ujar Januarsyah beberapa waktu lalu.

Januarsyah juga meminta, Camat segera berkoordinasi dengan kepala desa dan pengelola pasar. Untuk upaya pencegahan Covid 19, nantinya disejumlah titik di pasar rakyat dipasangkan baleho berisi protokol kesehatan.

“Camat, ingatkan warganya. Jika ke pasar pakai masker, tetap jaga jarak. Bila perlu saat bertransaksi, baik pembeli maupun penjual gunakan sarung tangan. Kalau sulit, gunakan saja plastik sekali pakai,” pesan Januarsyah.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Fikriansyah mengatakan, sebelumnya, memang ada beberapa “kalangan” ditutup oleh Kades. Namun berjalan dua pekan, mulai ada gejolak. Masyarakat kesulitan barang, pedagang tidak mendapatkan penghasilan.

“Ini memang dilematis, tapi kita juga harus memikirkan dampak ekonomi masyarakat. Sesuai edaran, pasar kalangan tidak ditutup, tetapi masyarakat diminta patuh terhadap protokol kesehatan,” katanya, Kamis (9/4). (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ini Pesan Rektor UIN RaFa ke 1.008 Wisudawan dan Wisudawati

Palembang, Detik Sumsel- Civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang kembali menggelar proses …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *