Jasa Sedot Tinja Profesi Baru Dicari Warga Lahat | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Salah satu warga melapor ingin lakukan sedot tinja (septic tank) ke DLH Lahat, Foto Istimewa

Jasa Sedot Tinja Profesi Baru Dicari Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Ditengah pandemi Covid-19 ini bukan hal baru jika sejumlah usaha warga mulai terasa sulit berkembang, bahkan ada yang terpaksa gulung tikar. Namun rupanya ada satu jenis jasa yang tengah dicari warga saat ini, yakni jasa sedot tinja alias sedot septic tank.

Hal ini dikarenakan, Lahat saat ini belum ada penyedia jasa sedot tinja di luar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat. Kondisi saat ini, mobil khusus yang dimodif untuk sedot tinja milik DLH sedang terpuruk tidak bisa beroperasi. Sedangkan kurung waktu sekitar 1 sampai 2 tahun, septic tank rumah warga yang berukuran kecil dipastikan bisa penuh atau tersumbat.

“Karena tidak tahu harus kemana lagi cari jasa sedot tinja, jadi saya melapor ke DLH. Sudah keliling cari, cari di internet saat ditelpon rupanya ada di Jakarta sana,” ujar Emil Salim, warga Kecamatan Lahat Selatan, saat melapor ke DLH Lahat, Senin (9/8).

Kepala DLH Lahat, Ir Agus Salman, melalui Kabid Peningkatan Kapasitas dan Limbah B3, Siti Zaleha disampaikan Kasi Limbah B 3, M Chairul Hakim membenarkan saat ini terpantau hanya DLH yang menyediakan jasa sedot tinja, namun kondisi saat ini kendaraannya sedang rusak.

“Kita sedang berupaya memperbaiki kendaraan yang rusak, tapi onderdilnya susah dicari,” ujar Chairul.

Chairul menjelaskan, tidak adanya jasa sedot tinja ini dikarenakan si pemilik usaha awalnya tidak melapor ke DLH, sehingga kesulitan dalam membuang limbah pasir tinja tersebut. Sedangkan pihaknya menampung limbah tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gumay Talang.

“Pada prinsipnya limbah pasir tinja ini juga bisa mengandung gas metan, walaupun mudah terurai, tentu tidak bisa asal dibuang. Pihaknya agak berusaha secepat mungkin berupaya agar kendaraan operasional sedot tinja kembali beroperasi,” sampai Chairul. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pipa Minyak Mentah Adera Bocor, Ini Penjelasan Pertamina

PALI, Detik Sumsel- Lagi-lagi pipa minyak mentah bocor milik Pertamina Hulu Rokan ( PHR) Regional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *