Jelang Idul Adha, Tim TPHP Turun Cek Kesehatan Hewan Kurban | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Inspeksi mendadak (Sidak) disejumlah tempat penjualan hewan kurban. Sidak sendiri bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan yang akan menjadi kurban saat Idul Adha.

Jelang Idul Adha, Tim TPHP Turun Cek Kesehatan Hewan Kurban

Sekayu, Detik Sumsel –Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Muba melakukan inspeksi mendadak (Sidak) disejumlah tempat penjualan hewan kurban. Sidak sendiri bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan yang akan menjadi kurban saat Idul Adha.

“Kita sudah lakukan monitoring fan sidak hampir diseluruh tempat penjualan hewan kurban di Muba. Kita lakukan pemeriksaan dan umur hewan apakah sesuai aturan atau syarat sebagai hewan kurban,” ujar Kepala Dinas TPHP Muba, Ir Thamrin, didampingi Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Muslimin, Jumat (16/7).

Hasilnya, sambung Thamrin, kesehatan hewan baik itu sapi maupun kambing yang dijual untuk kurban dalam kondisi sehat. Hanya saja, pihaknya menemukan ada beberapa hewan yang belum cukup umur dan telah diminta untuk tidak dijual sebagai hewan kurban.

Baca Juga :   Pasien Sembuh Bertambah Empat Orang, Positif COVID-19 Tujuh Orang

“Semuanya dalam kondisi sehat, tidak ada yang pilek, cacat atau lainnya. Ada yang belum cukup umur, tapi setelah kita periksa ternyata memang tidak dijual untuk hewan kurban. Sudah kita minta dipisahkan. Kita berterima kasih pada para pedagang hewan kurban yang sudah mentaati aturan dengan baik,” jelas dia.

“Kita sangat antisipasi sekali mengenai penyakit hewan ini karena berhubungan erat di kesehatan manusia. Terutama penyakit jembrana yang sangat mematikan. Dahulu kita ada kasus itu, namun setelah ditangani dengan baik, sekarang Muba tidak ada lagi penyakit jembrana pada hewan,” sambung dia.

Baca Juga :   Polres OKU Layani Pembuatan SKCK Melalui Mobil Keliling

Sementara, salah satu pedagang hewan kurban Wahyu, mengaku pihaknya terus memonitor kesehatan hewan, baik sapi atau kambing yang dijual untuk kurban. Bukan hanya itu, kebersihan kandang dan kualitas makanan juga menjadi konsentrasi pihaknya.

“Semuanya kita lakukan sesuai standar, mulai dari kebersihan kandang, makanan, hingga kesehatan,” ucap dia. (edy)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Distribusikan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Covid 19

Baturaja, Detik Sumsel – Polres OKU mendistribusikan bantuan berupa 495 karung beras kepada masyarakat diwilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *