Jelang Pencoblosan, Pengawas Pemilu Teropong Politik Uang | Detik Sumsel
Detik
Komisioner Bawaslu Sumsel,Samsul Alwi, buka apel kesiapan patroli pengawasan anti politik uang, di Lapangan PJKA Lahat. Foto Heru/DS

Jelang Pencoblosan, Pengawas Pemilu Teropong Politik Uang

Lahat, Detik Sumsel — Waktu pencoblosan tinggal menunggu hari adanya isu yang beredar terkait bakal ramainya politik uang jelang pencoblosan. Rupanya seakan membuat pengawas pemilu, seolah sedang diintimidasi.

Samsul Alwi, Komisioner Bawaslu Sumsel, Divisi Penyelesaian Perselisihan Sengketa mengatakan, sebagai pengawas pemilu, jauhi perselingkungan dengan peserta pemilu. Teruslah menjaga integritas. Solidaritas, dan kekompakan antar sesama pengawas pemilu, serta menjaga selalu netralitas.

“Jangan ada perselingkuhan pengawasan dan peserta. Karena dimanapun, perselingkuhan tidak akan membawa kerukunan, hanya kenikmatan sesaat,” ujar Samsul Alwi, dalam Apel Kesiapan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang, di Lapangan PJKA Lahat, Jumat (12/4).

Lanjutnya, Politik uang jelas-jelas akan merusak kesuksesan pelaksanaan pemilu 2019. Laksakan dengan betul Patroli masa tenang, kerahkan seluruh anggota pengawas untuk betul-betul melakukan pengawasan.

“Jangan hanya menunggu laporan masyarakat. Petugas pengawas diharapkan bisa betul menjalankan perannya,” harapnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Lahat, Andra Juarsyah menuturkan, dengan digelarnya apel ini, pihaknya akan mengerahkan seluruh petugas pengawas. Untuk meneropong ada tidaknya penyebaran politik uang, jelang masa pencoblosan.

“Petugas kita yang ada disuatu wilayah, jelas memahami kondisi dan psikologis masyarakatnya. Disini kita juga butuh, peran aktif masyarakat melakukan pengawasan,” tutur Andra. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *