Jerami Dijemur Kering Agar Tahan Lama Disimpan | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Jerami Dijemur Kering Agar Tahan Lama Disimpan

Pati, Detik Sumsel – Pada umumnya jerami kering bagi peternak sapi digunakan untuk makanan alternatif sebagai gantinya rumput. Untuk prosesnya, jerami sebelum disimpan harus dikeringkan terlebih dahulu agar bisa bertahan lama dan tidak busuk. Jerami kering ini juga sebagai makanan cadangan ketika musim kemarau panjang.

Kali ini dalam kegiatan komunikasi sosial (komsos) Serda Sukarji membantu Bapak Jatmiko (52) warga Dukuh Kemiri RT.02/02, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, menjemur jerami dilahan sawahnya yang baru saja selesai panen, Kamis (08/7/2021).

Baca Juga :   Demi Dekat Anak - anak TNI Ini Bermain Kelereng

Sementara Sukarji mengatakan, kegiatan membantu warga masyarakat sudah sering ia lakukan selama tergabung dalam anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati yang saat ini menggelar kegiatan di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat setempat.

“Seperti saat ini saya membantu warga masyarakat yang sedang menjemur jerami di area persawahan. Walaupun tidak diminta, saya langsung membantunya. Membantu orang tidak harus menunggu dimita dulu. Kalau mereka sekiranya butuh bantuan ya kita bantu saja,” tutur Sukarji.

Baca Juga :   Dorong Angkong Layaknya Mengendarai Moge

Sementara Jatmiko tidak menyangka ada tentara yang akan membantu pekerjaannya ini. Ia pun merasa senang sekaligus bangga mendapatkan bantuan dari TNI Satgas TMMD yang sedang membangun desanya.

“Mumpung cuaca hari ini panas kesempatan menjemur jerami yang menumpuk disawah. Jerami ini untuk cadangan makan ternak sapi saya kalau pas tidak ada rumput. Jerami hanya untuk pengganjal perut sapi agar tetap kenyang. Sementara nutrisi di dapat dari makanan yang lain, seperti bekatul, sentrat dan rumput serta hijau-hijauan,” kata Jatmiko. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kepengurusan KADIN Indonesia yang Baru Harus Segera Dibentuk

Jakarta, Detik Sumsel- Laporan Musyawarah Nasional (Munas) ke-VIII Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *