Jerami Kering Bukan Makanan Pokok Ternak Sapi | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Jerami Kering Bukan Makanan Pokok Ternak Sapi

Pati, Detik Sumsel – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, tempat di gelarnya kegiatan TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati Tahun anggaran 2021, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan beternak sapi ataupun kambing. Untuk sebagian kecil lainnya mereka berdagang dan melakukan usaha-usaha yang lainnya.

Seperti terlihat pagi itu, Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler Kodim Pati sedang menyambangi Bapak Rusdi (62) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, yang sedang memberi makan ternak sapinya dengan jerami kering dikandang yang tidak jauh dari rumahnya, Selasa (06/7/2021).

Baca Juga :   Serma Gatot Mencoba Operasikan Mesin Perontok Padi

Pemandangan tersebut yang sedikit menarik perhatian Serda Sukarji, pasalnya bukan rumput atau sejenisnya yang diberikan ke sapi-sapinya, tetapi jerami kering tanpa ada campuran apapun. Hal ini yang membuat Sukarji penasaran untuk mengetahui lebih banyak tentang jerami kering yang digunakan untuk pakan ternak sapi.

Dalam kesempatan tersebut Rusdi menjelaskan bahwa hal ini sudah menjadi kebiasaan peternak sapi pada umumnya. Jerami kering digunakan untuk pakan ternak sapi hanya untuk selingan saja. Hal ini dilakukan agar sapi terangsang untuk minum air yang banyak.

Baca Juga :   Sibuk Urusi TMMD, Tetap Sempatkan Bantu Warga

“Dalam sajian minum air tersebut baru campurkan bekatul ataupun sentrat sebagai nutrisi utama agar ternak sapi bisa gemuk. Ini hanya strategi agar sapi tidak merasa lapar sehingga sapi tenang dikandangnya. Dengan demikian sapi dalam pertumbuhannya bisa cepat karena tidak gelisah,” terang Rusdi. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

RS Marga Husada Bersama Kodim Pati Lakukan Vaksinasi Tahap Kedua

Pati, Detik Sumsel – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus dilaksanakan Kodim 0718/Pati dengan bekerjasama dengan RS …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *