Jerami Kering Cadangan Pakan Ternak Saat Musim Kemarau | Detik Sumsel
Detik

Jerami Kering Cadangan Pakan Ternak Saat Musim Kemarau

Pati, Detik Sumsel – Jerami merupakan limbah tanaman padi saat selesai dipanen. Tapi, bagi masyarakat Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, jerami merupakan cadangan pakan ternak sapi saat musim kemarau panjang. Untuk orang yang sudah berpengalaman jerami bisa difermentasi untuk pakan kambing dan domba.

Seperti terlihat, Serda Fajar anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati sedang membantu Bapak Senen (50) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, dalam mengumpulkan jerami kering dari sawah yang baru saja selesai dipanen mesin, Sabtu (26/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut Serda Fajar menjelaskan, cukup banyak jerami yang dikumpulkan Pak Senen. Ia menumpuk jerami di jalan kecil di pinggir sawahnya sembari menunggu proses pengeringan.

“Mumpung ada waktu luang saya sempatkan membantu Pak Senen yang sedang mengumpulkan jerami untuk cadangan makan ternak sapinya dirumah. Kegiatan ini tidak semata-mata sekedar membantu, tetapi juga sebagai sarana malakukan kegiatan komunikasi sosial dengan warga masyarakat setempat,” ujar Serda Fajar.

Sementara Senen juga menjelaskan, ketika tanaman padinya selesai dipanen, limbah jerami dikumpulkan untuk disimpan sebagai pakan cadangan saat musim kemarau panjang.

“Jerami ini saya kumpulkan dulu Pak, nanti saya bawa pulang sedikit-sedikit dengan menggunakan sepeda onthel. Ya begini cara warga Desa Tamansari untuk mengantisipasi langkanya rumput ketiga musim kemarau. Sebab jerami yang benar-benar kering bisa bertahan sampai lebih dari dua tahun,” tuturnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kecam Pernyataan Edy Mulyadi, BPD HIMPI Sumsel: Kalimantan Memiliki Beribu Potensi

Palembang, Detik Sumsel – Dukungan pemindahan Ibukota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur nampaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *