Jubir F-PKB DPRD Palembang Soroti Pelantikan 128 Kepsek, Harya Prasthysta: Tidak Sesuai Aturan

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detiksumsel.com — Juru Bicara (Jubir) Fraksi Partai PKB, Harya Prasthysta Endi Putra soroti pelantikan 128 Kepala Sekolah di Dinas Pendidikan Kota Palembang yang dinilai tidak sesuai peraturan.

Harya meminta kepada Pemerintah Kota Palembang dan Dinas Pendidikan Kota Palembang untuk meninjau ulang pelantikan tersebut.

“Pelantikan 128 Kepala Sekolah terkesan tidak profesional alias tidak berdasarkan Permendikbudristek No. 40 Tahun 2021,” ujarnya saat Rapat Paripurna ke 21 MP III di Gedung Parlemen DPRD Kota Palembang, Senin (26/9/2022).

Permendikbudristek No. 40 Tahun 2021 ialah peraturan tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah ditetapkan sebagai bentuk penataan dan perbaikan mekanisme dalam rangka memperkuat kapasitas guru sebagai kepala sekolah.

Peraturan ini ditetapkan pada tanggal 17 Desember 2021 dan diundangkan pada tanggal 27 Desember 2021.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya akan kembali melakukan pembahasan kepada Dinas Pendidikan.

“Terkait Kepala Sekolah nanti kita bahas,” kata Harno saat ditemui usai rapat paripurna.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa lantik 128 Kepala Sekolah terdiri TK, SD dan juga SMP Negeri yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang.

Pelantikan itu dihelat di Aula Gedung Disdik Kota Palembang itu

“Hari ini saya melantik para Kepala Sekolah sesuai dengan surat keputusan yang sudah ditandatangani oleh Pak Wali dan ini usulan dari Kepala Dinas Pendidikan,” kata Ratu Dewa, Selasa (20/9/2022)

Disampaikan Ratu Dewa, bahwa akan ada 30 Kepala Sekolah lagi yang masih akan menyusul, khususnya para Kepala Sekolah di tingkat Sekolah Dasar.

ASN tertinggi di kota Palembang tersebut juga beralasan, bahwa pelantikan Kepala Sekolah itu juga sengaja dilakukan dalam mengatasi sulitnya ataupun minimalnya sumber daya yang tersedia.

“Maka dari itu hari ini sengaja kami lantik sehingga menjadi para kepala sekolah yang benar-benar definitif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang, Ahmad Zulinto menjelaskan, dari 128 orang kepala sekolah yang dilantik tersebut, sebanyak 4 kepala sekolah untuk tingkat TK, 95 Kepala Sekolah untuk SD dan 29 Kepala Sekolah untuk SMP.

“Dan ini tidak hanya dari promosi jabatan, ada juga yang mutasi. Jadi, ini tidak murni promosi jabatan semua,” singkatnya.

Komentar