Kades di Lahat Rela Keluarkan Kocek Pribadi demi Desa | Detik Sumsel
Pemprov
Kades Pandan Arang Ulu, Kecamatan Kota Agung, Lahat Sukarti Dapati memantau pengerjaan pembangunan WC dan sumur di area balai desa, foto istimewa.

Kades di Lahat Rela Keluarkan Kocek Pribadi demi Desa

Lahat, Detik Sumsel – Niat Sukarti Dapati SE MM untuk membangun desa, nampaknya bukan hanya sebatas kiasan kata belaka. Pasca dilantik menjadi Kades Pandan Arang Ulu, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat, Jumat 24 Desember 2021 lalu, wanita yang akrab disapa Wiwit ini terus lakukan terobosan baru untuk masyarakat desanya.

Istri dari Davis Danes Amd ini bahkan rela keluarkan kocek pribadi, untuk membeli tanah warga selebar satu meter sepanjang 60 meter, untuk dihibahkan ke desa. Dijadikan tambahan untuk jalan, menuju balai desa.

“Murni saya hibahkan untuk desa. Sekarang lebar jalan ke balai desa 2.5 meter, panjangnya 100 meter,” kata Wiwit, Minggu (27/3). Menurutnya, akses jalan ke balai desa sangat penting, karena nantinya jalan tersebut akan menjadi pintu perubahan yang ingin diberikannya ke masyarakat desa.

Selain jalan, wanita kelahiran Lahat, 04 Februari 1988 ini rupanya juga membangun WC dan sumur untuk di balai desa, karena di era kades sebelumnya belum terbangunkan. Lagi-lagi, kocek pribadi dikeluarkan dengan ikhlas oleh Wiwit. Ia merasa jika fasilitas balai desa sudah terpenuhi, aktifitas di desa akan lebih banyak, masyarakat bisa bermusyawarah dengan baik.

“Ikhlas, uangnya dari hasil kerja saya di luar jadi kades. Karena inilah momen bagi saya untuk membenahi desa, untuk membantu masyarakat,” ucapnya. Kedepan Wiwit berencana, lahan yang berada di samping balai desa akan dibangun greend house, untuk ketahanan pangan yang berujung menjadi BUMDes tahun berikutnya.

Armin, warga Desa Pandan Arang Ulu menuturkan, melihat semangat dan keingina kades, dirinya bersama warga lain saat ini jadi ikut semangat membangun desa. Apalagi setiap rencana yang akan dilakukan, dimusyawarahkan dahulu bersama warga.

“Kades kami ini dekat dengan warga. Warga senang, karena niatnya untuk membangun desa ini, benar-benar kembali untuk warga desa sendiri,” tutur Armin. (heru)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.