Kades Terpilih Meninggal Dunia, Desa Bunglai Akan di Pimpin Oleh Pjs Kades

Iklan detik Sumsel

Baturaja, Detiksumsel.com – Kepala Desa (Kades) terpilih meninggal dunia, Desa Bunglai kecamatan Kedaton Peninjauan raya (KPR) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bakal di pimpin Penjabat Sementara (Pjs) Kades.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas PMD OKU Drs Ahmad Firdaus MSi belum lama ini.

Dikatakan Firdaus, Pihaknya telah bekoordinasi dengan Kementrian dalam negeri, hasilnya kita megacu kepada Permendagri dan akan menunjuk Pjs Kades Bunglai.

“Kita sudah koordinasi dengan Mendagri dan sudah ada jawaban secara lisan, saya lupa Permendagri nomer berapa tapi intinya kita akan menunjuk Pjs untuk mengisi kekosongan jabatan kades,” kata Firdaus.

Pelantikan Pjs Kades Bunglai sendiri akan lakukan bersamaan dengan pelantikan Kades Terpilih lainnya.

Pelantikan itu akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2022 mendatang di gedung Kesenian Baturaja.

“Kita lantik bersama dengan Kades terpilih lainnya,” ujarnya.

Pjs Kades Bunglai ini lanjut Firdaus akan ditunjuk dari ASN yang ada dilingkungan Pemkab OKU.

Penunjukan ini sendiri merupakan kewenangan dari Bupati OKU, namun biasanya Bupati OKU akan melihat dan mendengar aspirasi dari bawah.

“Hingga saat ini belum ada penunjukan yang jelas berasal dari ASN di lingkungan Pemkab OKU, kami akan berkonsultasi dengan camat dan BPD agar mereka dapat mengusulkan dalam waktu dekat ini,” tukasnya.

Ditambahkan Firdaus, Pjs Kades ini sendiri akan menjabat selama 2 tahun sampai masa pemilihan Kades Serentak periode yang akan datang.

“Gelombang pemilihan kades serentak akan digelar pada tahun 2024, artinya Pjs ini akan menjabat selama 2 tahun,” tandasnya. (fei)

Komentar