Kaleidoskop 2020, Ini Capaian Kinerja Polda Sumsel Sepanjang Tahun | Detik Sumsel
Pemprov
Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan membeberkan capaian kinerja Polda Sumsel tahun 2020

Kaleidoskop 2020, Ini Capaian Kinerja Polda Sumsel Sepanjang Tahun

Palembang, Detik Sumsel — Wakapolda Sumsel Brigadir Jenderal Polisi Rudi Setiawan membeberkan capaian kinerja Polda Sumsel dan Polres jajaran sepanjang 2020.

Brigjen Pol Rudi Setiawan menuturkan tugas pokok Polri sesuai dengan UU no 2 tahun 2002 dalam pasal 13 menjaga Kamtibmas. Khusus Kamtibmas di Sumsel di tahun 2020 secara keseluruhan kondusif.

“Bukan berarti kondusif tidak ada kejadian, tidak ada pelanggaran atau peristiwa. Suatu negara tidak ada zero kriminalitas, pasti ada,”kata Rudi dalam paparannya saat pres rilis akhir tahun Polda Sumsel di gedung promoter Polda Sumsel Rabu (30/12/2020).

Selain menjaga Kamtibmas, kata Rudi tugas pokok Polri yang kedua adalah penegakan hukum. Dalam penegakan hukum, Polri khususnya Polda Sumsel tegas dalam menindak setiap pelaku kejahatan, maupun pelanggaran tanpa pandang bulu.

“Artian tegas adalah tegas dan terukur kepala pelaku kejahatan yang membahayakan masyarakat maupun petugas. Baik pelaku kejahatan jalanan maupun kejahatan narkoba,”katanya lagi.

Dikatakan Rudi, untuk tindak pidana karhutla di tahun 2020, kalau dibandingkan tahun sebelumnya kasus karhutla menurun drastis. Dengan aplikasi lancang kuning yang diluncurkan oleh Kapolri beberapa waktu lalu.

Sehingga penanganan karhutla bisa dilakukan dengan maksimal. Begitu juga dengan kasus korupsi mengalami penurunan. “Ada salah satu korupsi lahan pemakaman yang bergulir sejak tahun 2015 lalu dengan tersangka Johan Anuar namun penanganan nya di ambil alih oleh KPK,”bebernya.

Dalam segi pelayanan masyarakat Polri diketahui saat ini dunia khususnya Indonesia dilanda wabah Covid 19 hampir sepanjang tahun 2020.
“Dalam melayani masyarakat, Polri bersinergi dengan Pemda, TNI bahu membahu memberikan pelayanan yang terbaik agar masyarakat bisa dilayani dengan baik,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Rudi, Kapolda Sumsel juga telah menciptakan terobosan beberapa program “Mang Pedeka”. Mang merupakan sapaan akrab bagi warga kota Palembang.

Program yang dimiliki Polda Sumsel yang bertajuk “Polisi Dulur Kito” atau dikenal dengan “Mang Pedeka”.Program ini, dimaksudkan bahwa polisi itu dulur dan kita semua ini dulur. Jadi, apabila kita ini dulur, hendaklah setiap permasalahan apapun diselesaikan secara baik-baik.

Program Pedeka Jero merupakan Program Pembinaan Personel Yang Berintegritas dan Bebas Narkoba “PeDeKa JERO” merupakan salah satu terobosan Kapolda Sumsel yang bertujuan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan personel Polda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM juga me-launching Aplikasi Mang Polisi Dulur Kito ” Pedeka Medis” dalam rangka program SDM Sehat Menuju SDM Unggul Berprestasi dan Inovasi bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, Jumat (16/10/2020)yang lalu.

Ini merupakan upaya nyata dalam lingkungan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan sehingga membuat sebuah terobosan kreatif yaitu Aplikasi Mang PDK Medis, guna percepatan untuk memberikan bantuan medis serta menguranfi terjadinya resiko serta totalitas personel yang mengalami sakit menahun.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hidupkan Sunnah Memanah, Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Gelar Archery Tournament

Palembang, Detik Sumsel — Pesantren Tahfidz Kiai Marogan menggelar Marogan Archery Tournament Sumatera Open Ground …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *