Kapolda Sumsel Tepis Anggapan Polisi Sibuk dengan Vaksinasi Memicu Pelaku Kejahatan Leluasa Beraksi | Detik Sumsel
Pemprov
Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto

Kapolda Sumsel Tepis Anggapan Polisi Sibuk dengan Vaksinasi Memicu Pelaku Kejahatan Leluasa Beraksi

Palembang, Detik Sumsel — Dua kasus kejahatan menonjol pelakunya menggunakan senjata api rakitan yang menewaskan dua orang terjadi di OKI baru baru ini menimbulkan ketakutan di masyarakat.

Bahkan muncul anggapan aparat kepolisian terlalu sibuk dengan pelaksanaan vaksinasi sehingga lengah terhadap dengan situasi Kamtibmas disekitarnya yang membuat pelaku kejahatan leluasa untuk beraksi.

Anggapan itupun ditepis oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto dia mengatakan konsentrasi petugas kepolisian tidak terpecah meski ikut dalam pelaksanaan vaksinasi disetiap daerah.

“Saya rasa tidak ada terpecah (konsentrasi) polisi, kita sudah membagi sesuai fungsinya. Mana yang bertugas di operasional lapangan, mana yang bertugas di pembinaan masyarakat,” ujarnya, Kamis (27/1/2022).

Saat disinggung, angka kejahatan di wilayah Sumsel cukup tinggi, mantan Kapolda Sumbar ini mengatakan kalau angka kejahatan di Sumsel tinggi mesti dilihat dari berbagai faktor untuk menyatakan jumlah tingkat kejahatan meningkat atau tinggi.

“Untuk melihat angka kejadian menonjol, kita mesti lihat berapa lama angka perbandingannya kemudian kejahatan mana saja yang naik. Harus ada evaluasi yang tepat baru bisa mengatakan ada peningkatan,” ucapnya.

Terkait penggunaan senjata api rakitan di Sumsel, Alumni Akpol 1988 ini menegaskan sejak awal ia bertugas di Sumsel sudah menggalakkan operasi senjata api dan bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait.

“Diantaranya kita sudah berkoordinasi dengan jajaran TNI, Perbakin dan mereka-mereka yang punya korelasi dengan senjata api maupun amunisi. Karena bila Sumsel dikenal dengan adanya home industri senjata api, maka satu-satunya langkah yang bisa kita lakukan adalahhh dengan kegiatan operasi terhadap praktik itu,” ucapnya.(oji)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.