banner 728x250

Kapolres OKU Minta Anggota Jadi Relawan Donor Darah

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo saat melakukan donor darah di UTD PMI OKU 
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Baturaja, Detik Sumsel – Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK meminta kepada para personel Polres OKU untuk selalu siap jika dibutuhkan masyarakat untuk donor darah. Hal ini dikatakan Kapolres usai donor darah bersama sang istri Anggita Danu di UTD PMI OKU, Rabu kemarin (6/7).

Donor darah yang dilakukan oleh orang nomor satu di Polres OKU ini dalam rangka memaknai HUT Bhayangkara Ke 76 yang diinisiasi oleh Bhayangkari Polres OKU. Hal ini juga sekaligus menyingkapi banyaknya kebutuhan stok darah di Kabupaten OKU.

Dikatakan Kapolres, dirinya dan keluarga memang rutin melakukan donor darah. Apalagi saat momen hari besar seperti HUT Bhayangkara seperti saat ini.

“Donor darah ini menyehatkan dan berpahala karena kita bisa membantu sesama. Kita rutin donor darah dan kebetulan hari ini hari bakti bhayangkari yang bersamaan juga dengan HUT Bhayangkara jika kita sepakat untuk donor darah,”ujarnya

Baca Juga :   Dihapuskan Pemerintah, Tenaga Honorer di OKU Mulai Resah

Dikatakan perwira melati dua dipundaknya ini, untuk mencukupi kebutuhan darah setiap daerah selalu kekurangan stok darah di Bank darah. Oleh karena itu dirinya sudah meminta personilnya untuk siaga selalu apabila ada masyarakat yang membutuhkan darah.

“Anggota kita juga kita ajak untuk donor darah rutin atau minimal adalah siaga kapan saja dibutuhkan anggota kita siap untuk donor darah. Karena kita ingin keberadaan polri bisa dirasakan ditengah masyarakat,”jelas Danu didampingi istri.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten OKU, Yunizir Djakfar didampingi Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) dr Dody Numirsyah Sp.B mengungkapkan pihaknya menyambut baik program Kapolres OKU dan jajaran yang siap menjadi relawan donor darah.

Baca Juga :   Sambut Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari OKU Gelar Donor Darah

Menurut Yunizir OKU saat ini membutuhkan 500-700 kantong darah setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten OKU.

“Tentu jumlah ini tidak sedikit meskipun setiap bulannya masih tercukupi  karena dibantu pendonor dari keluarga untuk mencukupi kebutuhan ini sebenarnya kita masih butuh banyak relawan,” Ujar Ujang sapaan akrabnya.

Dikatakan Ujang, dengan kebijakan Kapolres OKU dirinya berharap stok darah di PMI bisa cukup dan dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kebijakan Pak Kapolres ini sangat membantu kita dibidang kemanusiaan. Setiap tahun memang polres OKU sering melakukan donor darah massal namun kedepan kita berharap lebih banyak relawan yang siap sewaktu-waktu dibutuhkan untuk donor,” Tutup Ujang. (Fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL