Karena Sakit 3 Warga Harus Lakukan Pencoblosan Dirumah | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
COBLOS : Petugas Saat Melakukan Jemput Bola Kepada Pemilih Yang sedang Sakit.(Foto:Rendi/Detik Sumsel)

Karena Sakit 3 Warga Harus Lakukan Pencoblosan Dirumah

 

Pagaralam, Detik Sumsel – Tercata ada 3 warga Dusun Pagaralam, Kelurahan Pagaralam, Kecamatan Pagaralam Utara, terpaksa menggunakan hak pilih dirumah atau tidak melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikarenakan sakit.

Hal ini sejalan dengan Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran KPU RI nomor 151.KPU.II.2017. Yang berisi bagi pemilih yang sakit di rumah dan diyakini tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS, dapat dilayani hak pilihnya dengan cara mendatangi pemilih tersebut dengan persetujuan para saksi pasangan calon dan pengawas TPS/PPL, dengan tetap mengutamakan kerahasiaan pemilih. pelayanan hak pilih tersebut dilaksanakan oleh dua orang petugas KPPS bersama dengan PPL/pengawas TPS dan saksi, hanya melayani warga yang tinggal dekat TPS dengan tetap mempertimbangkan pelayanan pemilih di TPS sebagai tugas utama.

Informasi yang berhasil dihimpun, ketiga warga tersebut yaitu, Imbron, Rohana Bunyamin, dan Sukma Dewi karena mengalami penyakit Strok.

Ketua TPS 05 Dusun Pagaralam Herman, mengatakan jika hal ini sudah sejalan dengan Surat Edaran KPU RI nomor 151.KPU.II.2017, dengan itu pihaknya langsung melakukan jemput bola dengan mendatangi rumah warga yang bersangkutan.

“Hal ini agar semua warga yang sudah memiliki hak pilih masih dapat menentukan pilihanya walaupun sedang sakit,”katanya, Rabu (17/4).

Sambung Herman, meskipun pencoblosan dilakukan dirumah, namun kerahiasan dan hak pilih mereka tetap kita utamakan.

“Kita tekankan kepada petugas yang melakukan jemput bola, tidak ada interpensi kepada pemilih, hal ini untun menjaga kode etik sebagai petuas TPS.”pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jalin Komunikasi, Renny Terima Banyak Laporan dari Dinas Pertanian Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Agar koordinasi dan komunikasi berjalan dengan baik dengan Dinas Pertanian pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *