Kas Hartadi Butuh Pemain Seperti Firman Utina | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Pelatih kepala Sriwijaya FC Kas Hartadi memantau pemain berlatih di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. (M. Tohir/detiksumsel.com)

Kas Hartadi Butuh Pemain Berkarakter DLP

Palembang, Detik Sumsel – Pelatih kepala Sriwijaya FC Kas Hartadi memastikan tidak akan merubah cara bermain Laskar Wong Kito dan tetap memakai pakem lama pada kompetisi Liga 2 2019 nanti.

Bahkan menurut arsitek asal Solo ini, dia akan mengembalikan pola permainan Rizsky Dwi Ramadhana dan kawan-kawan. Seperti karakter SFC saat sukses meraih tropy Liga Super Indonesia edisi 2011-2012 lalu.

Karena itu, eks pelatih Kalteng Putra ini membutuhkan sosok pemain yang mampu menjalankan peran sebagai deep lying playmaker (DLP). Untuk memaksimalkan skema 4-2-3-1 dilapangan.

“Yang mempunyai akurasi umpan bagus seperti Firman Utina dan holding ball yang tinggi, layaknya Lim Jun Sik,”ungkapnya.

Sebab, lanjut ayah dari Eric Cantona ini. Posisi DLP yang berada tepat diantara lini belakang dan tengah, merupakan konduktor serangan yang memegang peranan vital dalam permainan tim.

Namun diakuinya, tidak mudah untuk mendapatkan pemain dengan kemampuan seperti itu. Yang memiliki sentuhan pertama bagus, kreativitas tinggi, passing akurat, dan mempunyai feeling dalam mengambil keputusan.

“Kapan saat yang tepat mengirimkan umpan, menempatkan posisi dan juga memiliki kekuatan  stamina saat melakukan marking terhadap lawan,”terangnya lagi.

Keberadan deep lying playmaker juga memungkinkan tim untuk melakukan serangan balik cepat, ketika berhasil merebut bola dari penguasaan lawan.

Biasanya, dalam setiap taktik yang menerapkan seorang DLP. Akan ditaruh pemain berkarakter DMC (Defensive Midfield Centre). Sebagai lapisan ekstra bagi kepentingan pertahanan tim.

“Sementara ini, sebelum kita mendapatkan pemain yang memenuhi ekspektasi. Saya telah mencoba beberapa pemain untuk menghuni posisi tersebut seperti Hafit Ibrahim dan Bagus Monieaga,”jelasnya. (Iyop)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *