Keberangkatan CJH OKU Masih Menunggu Kebijakan Pusat | Detik Sumsel
Pemprov
Kasi Haji Kemenag OKU Abd. Muis

Keberangkatan CJH OKU Masih Menunggu Kebijakan Pusat

Baturaja, Detik Sumsel – 297 orang calon jemaah haji (CJH) Kabupaten OKU siap berangkat ketanah suci mekah pada musim haji tahun 2022.

“Untuk kuotanya masih sama seperti dua tahun lalu, karena kuota yang berangkat ini semeetinya berangkat tahun 2020 yang lalu namun karena pandemi covid 19 keberangkatannya tertunda,” kata Kepala Kantor Kemenag OKU, H Ishak Putih, melalui Kasi Haji, Abdul Muis kepada detik Sumsel belum lama ini.

Hanya saja lanjut Muis, pihaknya belum bisa memastikan apakah CJH itu tahun ini bisa naik haji atau tidak, karena belum ada penjelasan resmi dari pusat. “Insya Allah tahun ini CJH kita bisa berangkat haji. Kita doakan saja. Kami sendiri sampai sekarang masih menunggu kebijakan dari pusat,” kata Muis.

Baca Juga :   Selain Dua Pucuk Senpira, Ops Cipkon 2021 Jatanras Juga Tangkap Bandar Sabu

Menurut dia, jika mengacu dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang sudah mulai mengizinkan umat Islam untuk umroh, maka besar kemungkinan hal yang sama berlaku untuk ibadah haji.

“Kalau umroh teknisnya seluruh jemaah mesti dikarantina dulu di Jakarta selama beberapa hari. Lalu diberangkatkan ke Arab Saudi. Disana, jemaah umroh kembali dikarantina, lalu pulangnya saat sampai di Jakarta dikarantina dulu sebelum diizinkan pulang ke rumah masing-masing,” bebernya.

Masalahnya kata Muis, jumlah jemaah umroh dan haji jauh berbeda. “Karena itu kita belum bisa menjelaskan bagaimana aturan main yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi agar CJH asal Indonesia bisa menunaikan rukun Islam kelima tahun ini. Sebab pusat belum mengeluarkan surat edaran terkait hal itu,” tukasnya. (Fei)

Baca Juga :   Kadis Kominfo Gelar Pertemuan dengan Komunitas Guru Belajar


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Diterjang Arus, Ponton IPA PDAM Unit Tanjung Agung Rusak Berat

Baturaja, Detik Sumsel — Aktifitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Raja unit Tanjung Agung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.